Menag Dorong Berkembangnya Rekontekstualisasi Islam

Menag Dorong Berkembangnya Rekontekstualisasi Islam

Mataram – Konferensi Study Islam Internasional (AICIS) secara resmi dibuka Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis malam di kampus UIN Mataram.
Dalam kesempatan ini, menag menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong terbentuknya konsensus – konsensus di antara kekuatan-kekuatan politik global untuk mendukung upaya rekontekstualisasi Islam. Kemudian melegitimasi pandangan-pandangan Islam yang berkesesuaian dengan konteks kekinian dan nilai-nilai kemanusiaan.
Menag juga mendorong tumbuhnya gerakan sosial di tingkat akar rumput untuk menerima nilai-nilai kemanusiaan sebagai nilai universal yang mempersatukan seluruh umat manusia serta mengoperasikannya dalam kehidupan sosial budaya yang nyata. Karena saat ini adalah masalah global, maka strategi yang dibuat untuk menghadapinya harus berskala global pula.in
Selanjutnya peta jalan yang dihasilkan dalam AICIS ini bisa dieksekusi dengan melibatkan pemimpin dunia, bukan hanya pemimpin agama atau pemimpin Islam saja. Tetapi seluruhnya secara eksklusif termasuk para pemimpin politik, pemimpin organisasi sosial dan pusat-pusat pendidikan.
Ia menilai, wawasan Islam klasik didominasi oleh pandangan yang menempatkan non muslim sebagai pihak yang harus dicurigai dan diwaspadai. Sementara di satu sisi, wawasan Islam klasik memiliki otoritas dan sangat kuat di mata umat Islam dan dianggap sebagai standar dalam Islam. Karena itulah dibutuhkan argumentasi yang kokoh secara akademis dan dukungan legitimasi yang kuat secara global untuk meninggalkan wawasan yang klasik tersebut.
Terakhir menag menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan AICIS, sekaligus memberikan harapan AICIS tidak hanya akan menghasilkan paper saja, namun harus bisa berbicara banyak.(ddi/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )