Menparekraf Tekankan Keterlibatan Masyarakat Kembangkan Desa Wisata

Menparekraf Tekankan Keterlibatan Masyarakat Kembangkan Desa Wisata

Lobar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno mendorong investor masuk ke Desa Senteluk Kecamatan Batulayar. Terlebih di desa tersebut telah ada destinasi wisata Pantai Tanjung Bias.
Namun, agar iklim investasi terbangun masyarakat di Batulayar diharapkan bisa menerapkan sadar wisata. Menurutnya, masyarakat perlu menyadari potensi wisata di daerah sendiri.
Sandi menyebut, hal itu menjadi tombak penting dalam mengembangkan pariwisata.
Ia menegaskan, jika masyarakat sudah memiliki kepekaan terhadap potensi yang bisa dikembangkan, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi para investor untuk datang dengan sendirinya.
“Harus tertata rapi, keramahtamahan masyarakatnya, dan disini masyarakat bukan hanya menjadi penonton tapi juga harus menjadi pelaku pariwisata itu sendiri,” harap Sandi.
Ditambahkannya, berbagai aspek penting dalam mengembangkan pariwisata juga turut menjadi perhatian. Bahkan, dalam kesempatan itu, ia mendengar langsung berbagai keluhan dan masukan dari para wisatawan yang juga menjadi influencer yang membantu mempromosikan pariwisata.
Dua hal penting yang juga disebutnya perlu menjadi perhatian selain mengenai kebersihan toilet, adalah keramah tamahan warga setempat. Rasa nyaman harus diberikan bagi para wisatawan yang berkunjung. Terlebih, perbedaan logat, budaya dan intonasi bicara dinilai turut juga berpengaruh.(ham/lbr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )