Miliki Cadangan Dana, Tenang,Kota Mataram “ Masih Sugeh”
Walikota Mataram H Ahyar Abduh Menyampaikan Pengantar Raperda Tentang Pertanggungjawaban APBD Kota Mataram Tahun Anggaran 2019 ( ist)

Miliki Cadangan Dana, Tenang,Kota Mataram “ Masih Sugeh”

 

Mataram-Badai pandemic virus corona yang terjadi saat ini, memukul sektor ekonomi. Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Pemerintah Kota Mataram. Akibat dari pandemic ini, Pemerintah Kota Mataram harus melakukan pengaturan ulang anggaran ( refocusing) untuk penangan Covid-19 sebesar 135 miliar.

Namun, meski anggaran yang direfocusing nilainya cukup besar, Pemerintah Kota Mataram mengklaim masih sanggup membiayai program pembangunan diluar penanganan Covid-19, karena masih memiliki cadangan dana yang belum digunakan.

Dalam laporannya saat rapat paripurna penyampaian pengantar raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2019, Walikota Mataram menyampaikan, pada akhir tahun anggaran 2019, Pemerintah Kota Mataram memiliki SILPA sebesar 106 miliar 952 juta rupiah lebih.

“ walaupun kita membutuhkan anggaran yang besar untuk pencegahan, penanganan, untuk Jaring Pengaman Sosial, untuk stimulus ekonomi, tidak usah khawatir Kota Mataram tidak akan bangkrut, karena kita  masih memiliki SILPA yang tidak diganggu gugat, belum digunakan sebesar 106 miliar, nanti kita hitung waktu kita membahas APBD Perubahan,” Kata Walikota Mataram H Ahyar abduh.

Ditegaskannya, dengan masih adanya cadangan dana berupa SILPA, program-program prioritas pembangunan di Kota Mataram yang tertunda akibat anggarannya dialihkan untuk penanganan pandemic Covid-19 masih bisa terlaksana pada tahun 2020 ini.

Keyakinannya, jika program-program pemerintahan diluar penangana Covid-19 masih bisa terlaksana pada tahun ini bukan hanya karena Kota Mataram masih memiliki cadangan dana yang belum digunakan, tapi juga karena melihat perkembangan kasus Covid-19.

“ berdasarkan hasil penelitian ahli-ahli dibidang per Covid an, ahli epidemiologi yang memprediksi pandemic virus corona akan berakhir lebih cepat dari prediksi semula, mudah-mudahan saja prediksi itu tepat, dengan begitu anggaran yang disiapkan untuk penanganan Covid selama 6 bulan tidak semuanya terpakai dan bisa dialihkan untuk pembiyaan program prioritas lainnya,” Ungkapnya.

Walikota Mataram H Ahyar Abduh menambahkan , agar program-program pembangunan dan pemerintahan itu  bisa terlaksana tahun ini  pihaknya pun akan segera bersiap  menyusun anggaran perubahan apbd kota mataram 2020.

“ kita segera persiapkan, agar pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2020 ini mulai dilakukan pembahasan pada bulan Juli atau paling lambat bulan Agustus, dengan begitu pihaknya masih memiliki waktu untuk melaksanakan program pembangunan pada tahun 2020 ini, “ Pungkasnya.(Irh/Mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )