MK Tolak Gugatan Jarot-Mokhlis, Mo-Novi Pemenang Pilkada Sumbawa 2020

MK Tolak Gugatan Jarot-Mokhlis, Mo-Novi Pemenang Pilkada Sumbawa 2020

Jakarta – Mahkamah Konstitusi menggelar siding pembacaan putusan perkara perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Tahun 2020, Pada kamis (18/3).

Dalam amar putusannya MK menyatakan menolak permohonan pemohon untuk keseluruhannya, Dugaan pelanggaran paa pelaksanaan pilkada serentak Kabupaten Sumbawa Tahun 2020, Yang diadilkan oleh pemohon pasangan Djarot – Mokhlis tidak terbukti sama sekali, Dengan demikian makan pasangan Mo-Novi menjadi pemenang Pilkada Sumbawa 2020.

Sidang pembacaan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Tahun 2020 dipimpin langsung oleh ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Anwar Usman membacakan amar putusan sengketa PHP Pilkada Kabupaten Sumbawa tahun 2020 yang diajukan oleh pemohon pasangan Cabup-Cawabup Djarot-Mokhlis, Sidang pembacaan putusan ini disiarkan langsung melalui Chanel Youtube resmi Mahkamah Konstitusi,

“ berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK dan seterusmnya, Amar putusan mengadili dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan pihak terkait, Dalam pokok perkara menolak permohonan pemohon dan seluruhnya” Ujar Ketua MK Anwar Usman dalam rapat permusyawaratan hakim oleh 9 hakim konstitusi pada hari kamis (18/3) pukul 16.00 WIB.

Dalam penilaian Hakim Konstitusi, Tidak mendapatkan bukti-bukti yang kuat dan menyakinkan terhadap adanya pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sumbawa sebagaimana yang diadilkan oleh pihak pemohon.

Beberapa dalil-dalil pihak pemohon yang diangap tidak beralsan hukum, Seperti pemohon yang mendalilkan keterlibatan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Zulkiflimansyah dan kontestasi Pilkada Kabupaten Sumbawa yang berpihak kepada pasangan calon nomor urut 4 Mahmud Abdullah – Dewi Noviany atau Pasangan Mo – Novi, Melalui program-program bantuan social kepada masyarakat Sumbawa yang anggarannya bersumber dari APBD.

Begitu juga dalil pemohon atas penyaluran bansin di Kecamatan Labangka dan Moyo Hilir, Menurut Majelis Hakim Konstitusi tidak serta merta hal itu dikatakan sebagai praktik politik uang.

Dengan ditolaknya gugatan Djarot – Mokhlis maka Pasangan Mo – Novi dipastikan menjadi pemenang Pilkada Sumbawa 2020 yang selanjutnya akan menunggu pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Periode 2021 – 2025. (ddy/jkt)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )