MotoGP 2022, Pemda Loteng Diminta Jangan Jadi Penonton di Rumah Sendiri

MotoGP 2022, Pemda Loteng Diminta Jangan Jadi Penonton di Rumah Sendiri

Loteng – Perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, sudah didepan mata. Berbagai persiapan fasilitas pendukung dilakukan pemerintah pusat, seperti penyediaan jalan Bypass BIL-Mandalika, hingga penataan kawasan sirkuit.
Jalan di depan sirkuit, yang belum rampung pun terus dikebut, agar dapat digunakan pada perhelatan MotoGP 2022.
Namun, bagaimana dengan pemerintah kabupaten lombok tengah sendiri, selaku tuan rumah perhelatan MotoGP 2022.
Salah seorang peneliti dari Universitas IIndonesi, DR. Muhammad Sya’roni Rafi’i, yang tengah melakukan riset terkait dampak ekonomi Sirkuit Mandalika, mengatakan Pemda Lombok Tengah harus pro aktif, memaksimalkan atau mengkapitalisasi event MotoGP yang akan menjadi event tahunan.
Ia mengatakan Pemda Lombok Tengah, harus menyiapkan infrastruktur yang layak, dan melakukan penataan. Selain itu, juga perlu berkolaborasi dengan pihak swasta dan menjadikan event MotoGP sebagai event berkelanjutan. Karena seperti event olahraga lainnya, MotoGP juga selalu mendatangkan dampak ekonomi.
“Diharapkan bisa mendapatkan dampak ekonomi, Pemda Lombok Tengah harus dapat mengkapitalisasi even MotoGP,” ujar Rafi’i
Selain pro aktif dalam penyediaan infrastruktur yang memadai, Pemda Lombok Tengah juga perlu melakukan pemberdayaan terhadap para pelaku UMKM, karena mereka tidak bisa bergerak sendiri. Namun perlu bantuan modal dan asistensi dari pemda setempat, sehingga mereka juga bisa menjadi tuan rumah yang baik, yakni tuan rumah yang bisa melayani dengan maksimal. Dan lebih dari itu, dampak ekonomi juga secara merata bisa dirasakan oleh para pelaku UMKM di Lombok Tengah.(ddy/ltg)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )