Mudik Tahun Ini Diperkirakan Membludak

Mudik Tahun Ini Diperkirakan Membludak

Mataram – Mudik lebaran tahun ini akan berbeda dengan mudik tahun sebelumnya, setelah masa pandemi Covid-19. Sehingga mudik tahun ini diperkirakan akan membludak, dengan pergerakan warga NTB yang akan mudik mencapai 3.000.000.
Kepala Dinas Perhubungan NTB, L Moh Faozal mengatakan lonjakan pergerkan penumpang mudik secara umum, mencapai 25 hingga 35 persen baik melalui jalur darat maupun laut. Sementara untuk jalur penerbangan atau udara diperkirakan mencapai 40 persen.
Faozal juga menyebutkan jumlah tersebut sedikit bertambah mengingat, pembukaan penerbangan Malaysia-Indonesia sudah dibuka, sehingga tidak menutup kemungkinan Pekerja Migran Indonesia akan pulang untuk berlebaran di Kampung halaman.
“Akan ada peningkatan sampai dua atau tiga juta pemudik apalagi nanti ada penerbangan langsung dari Malaysia ke Lombok kemungkinan PMI kita akan pulang ke kampung. Akan ada pembatasan pergerakan juga truk pengangkut logistik, selanjutnya pos-pos pelayanan juga akan disiapkan di sejumlah Mataram Masbagik Lombok Timur agar tidak terjadi kemacetan titik-titik tertentu,” urai Paozal.
Faozal juga mengaku pihaknya sudah mengecek seluruh armada kapal yang siap beroperasi, termasuk kesiapan layanan CHSE disetiap kapal. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Arus mudik tahun ini diprediksi melonjak, mengingat dua tahun terakhir, kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik. Untuk mengantisipasi kemacetan, Dishub telah menyiapkan sejumlah skenario, seperti akan adanya pembatasan pergerkan bagi truk pengangkut logistik, pos-pos pelayanan yang akan disiapkan disejumlah jalur Mataram – Masbagik Lombok Timur.(ddy/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )