Muroja’ah, Ngabuburit Ala Calon Penghafal Al Quran

Muroja’ah, Ngabuburit Ala Calon Penghafal Al Quran

Mataram – Anak – anak calon penghafal Al Qur’an di Desa Meninting, punya cara tersendiri dalam mengisi waktu, saat menunggu datangnya waktu berbuka puasa, atau ngabuburit.
Sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa, para calon penjaga kalam ilahi ini, lebih memilih melakukan kegiatan yang bermanfaat, dengan mengikuti kegiatan murojaah, yang digelar oleh pemerintah desa setempat.
Lantunan ayat suci Al Qur’an, bergema di masjid-masjid yang ada disetiap dusun, di Desa Meninting Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. Suara merdu ayat-ayat suci itu, dilantunkan oleh anak-anak usia muda calon penghafal al qur’an yang berasal dari kampung setempat.
Para calon penjaga kalam ilahi ini, memang memiliki cara tersendiri dalam mengisi waktu dibulan Ramadhan. Sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa, mereka memilih mengisi waktu dengan mengikuti program murojaah atau setoran hafalan yang digelar oleh pemerintah desa meninting.
Program murojaah yang digelar dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan itu secara serentak di laksanakan di semua masjid yang ada di lima dusun di Desa Meninting.
Selain sebagai syiar agama, program murojaah ini, juga bertujuan untuk memberikan motovasi, kepada para anak-anak usia muda di Desa Meninting agar tetap tekun, serta bersemangat dalam mengejar cita-cita sebagai hafiz dan hafizah.
Selain itu, program murojaah yang digelar rutin disetiap datangnya bulan suci Ramadhan ini, juga menjadi bagian dari sarana pemerintah desa setempat, dalam mengajak para generasi muda, untuk melaksanakan kegiatan bermanfaat, saat menunggu waktu berbuka puasa, atau yang lazim dikenal dengan istilah ngabuburit.
“Kami ingin membangkitkan mental adik-adik yang baru berusia 5-6 tahun sehingga mereka berani untuk tampil di depan umum dalam dalam menghafal Al Qur’an,” terang Kepala Desa Meninting,
Program murojaah yang digelar secara rutin oleh pemerintah Desa Meninting itu, diikuti oleh puluhan calon penghafal Al Qur’an.
Anak-anak calon penghafal Al Qur’an, yang sebelumnya dididik oleh sejumlah TPQ tersebut, secara bergiliran diberikan kesempatan untuk tampil di program murojaah ini. Kegiatan Murojaah ini sendiri, dijadwalkan digelar mulai hari ketiga puasa dan akan berakhir pada hari ke 27 bulan suci Ramadhan.(irh/lbr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )