Nakes Bertumbangan, Vaksinasi Anak di Mataram Melambat

Nakes Bertumbangan, Vaksinasi Anak di Mataram Melambat

Mataram – Intensitas pelayanan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di mataram, mulai melambat.
Mataram – Upaya pemerintah Kota Mataram, melalui Dinas Kesehatan dalam melakukan akselerasi percepatan cakupan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun menemui hambatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, H Usman Hadi menyampaikan, stok vaksin yang tersedia untuk kegiatan vaksinasi anak, terbilang cukup aman. Saat ini, pihaknya masih memiliki sekitar 10.0000 dosis vaksin jenis sinova. Namun, meski stok vaksin tersedia, intensitas pelayanan vaksinasi anak mulai menurun, akibat terbatasnya jumlah tenaga kesehatan, menyusul banyaknya petugas vaksinator yang terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan akut, dengan ciri-ciri batuk pilek dan demam.
Dengan kondisi ini, maka pihaknya memutuskan untuk membatasi kegiatan pelayanan diluar Puskesmas, termasuk pelayanan vaksinasi anak secara massal disekolah.
“Vaksinasi anak tetap kita lakukan, tapi sedikit menurun karena kurangnya tenaga kesehatan kita yang isolasi di rumah, karena musim yang membuat mereka batuk dan pilek,” terang Usman.
Di Kota Mataram sendiri, tercatat sebanyak 46.655 jiwa yang menjadi sasaran dari kegiatan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun.
Dan sampai saat ini, terdata sebanyak 26.470 anak, yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama, atau sekitar 56, 74 persen dari total target sasaran.
Sementara, untuk vaksinasi dosis kedua capaiannya baru mencapai 10. 88 persen atau baru sekitar 5.075 anak usia 6 hingga 11 tahun.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )