Ngulek Sambel Jambore Holtikultura Pecahkan Rekor Muri

Ngulek Sambel Jambore Holtikultura Pecahkan Rekor Muri

Lombok Timur – Tak kurang dari 600 orang dari seluruh kecamatan mengikuti gebyar ngulek sambel bawang putih di Lombok Timur. Jumlah tersebut melebihi target 500 orang yang ditetapkan pemerintah pusat. Kegiatan yang berlangsung serentak secara luring maupun daring di 43 kabupaten/kota tersebut merupakan rangkaian Jambore Holtikultura 2022 Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy ketika membuka kegiatan yang berlangsung di Pendopo Bupati tersebut yakin target memecahkan rekor MURI Ngulek Sambal Serentak. Selain itu ia juga mengaku bangga karena Lombok Timur menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan bersakala nasional ini.
Keikutsertaan tersebut diyakini tidak terlepas dari potensi bawang putih yang dimiliki Lombok Timur, salah satunya varietas sangga sembalun. Apalagi, ungkap Bupati, komoditas bawang putih di Lombok Timur sudah dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi seperti black garlic. Bupati berharap ke depan Lombok Timur dapat menjadi produsen black garlic terbesar di Indonesia.
Terakhir, Bupati menyampaikan terima kasihnya atas antusias masyarakat mengikuti kegiatan tersebut.
Sementara itu, Menteri Pertanian Sahrul yasin Limpo saat membuka kegiatan secara nasional menyatakan apresiasinya terhadap capaian komoditas hortikultura dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan di tengah pandemi sektor pertanian mampu bertahan dan mengalami peningkatan.
Ia berharap kegiatan Jambore Holtikulruta dapat dipertahankan seraya memujui kontribusi petani yang disebutnya sebagai penopang ekonomi bangsa. Ia juga mendorong penguasaan teknologi dan relasi untuk meningkatkan ekspor produk-produk hortikultura.
Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta 7.695 orang dari target 5000 orang peserta.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )