OPD Diminta Aktif Buru DAK 2023

OPD Diminta Aktif Buru DAK 2023

Mataram – Sekretaris daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito meminta semua organisasi perangkat daerah di Kota Mataram berburu anggaran Dana Alokasi Khusus.
Organisasi Perangkat Daerah diberikan tenggat waktu satu pekan untuk menyiapkan kebutuhan data usulan program Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2023.
Hal ini ditegaskan Sekda, usai memimpin rapat koordinasi tindak lanjut pengusulan Dana Alokasi Khusus Kota Mataram Tahun 2023.
Disampaikannya, dengan terbatasnya kemampuan fiskal daerah, maka semua organisasi perangkat daerah harus mampu mencari peluang untuk mendapatkan sumber pembiyaan program yang bersumber dari dana transfer pemerintah pusat. Salah satunya Dana Alokasi Khusus .
Sementara, usulan dana alokasi khusus paling lambat harus diserahkan pada 6 Juli pekan depan.
Untuk itu, semua organisasi perangkat daerah diberikan waktu selama satu pekan untuk menyelesaikan dan menyiapkan semua kebutuhan data usulan program dana alokasi khusus untuk tahun anggaran 2023 mendatang.
Eko tidak ingin, Dana Alokasi Khusus yang disiapkan pemerintah pusat itu, tidak mampu diperoleh, hanya gara-gara ketidak siapan OPD dalam melengkapi persyaratan.
“Kita minta teman-teman OPD melengkapi semua persyaratan usulan program kepada kalau kita hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah kita juga terbatas. Kita harapkan mereka berlomba memanfaatkan ruang untuk mendukung Dana Alokasi Khusus. Keseluruhan syarat dapat diselesaikan dalam waktu dekat karena sebenarnya perlengkapannya sampai tanggal 6 Juli,” kata Eko.
Eko menjelaskan, dalam rapat koordinasi itu agenda utama yang menjadi pokok pembahasan yakni menyelesaikan semua persoalan yang bisa menjadi penghambat dalam mengajukan usulan program Dana Alokasi Khusus.
Dari keseluruhan organisasi perangkat daerah yang ada, baru 4 OPD yang telah menyelesaikan usulan program ke pemerintah pusat untuk dibiyai menggunakan dana alokasi khusus.
Disebutkannya, nilai program yang diajukan oleh 4 OPD tersebut, nilainya mencapai sekitar Rp 250 miliar.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )