Organda Minta Pemprov Tinjau Ulang Kenaikan Penyeberangan Kayangan-Tano

Organda Minta Pemprov Tinjau Ulang Kenaikan Penyeberangan Kayangan-Tano

Mataram – Tarif penyeberangan antar pulau Kayangan-Tano Sumbawa akan naik 15 persen pada 1 Januari 2022.
Hal tersebut tertuang dalam keputusan Gubernur, nomor 550-776 tahun 2021 dan telah mulai disosialisasikan sejak pertengahan Desember lalu.
Kenaikan tersebut meliputi kenaikan tiket bagi penumpang dewasa serta semua jenis kendaraan.
Menanggapi hal itu, Organisasi Angkutan Daerah (Organda) NTB pun bereaksi.
Ketua Organda NTB, Junaidi Kasum menjelaskan, kenaikan tarif angkutan tidak seharusnya terjadi di tengah kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung.
Ia meminta kepada pemerintah untuk kembali mengkaji ulang kenaikan tarif penyeberangan kayangan-tano itu.
Menurutnya, kenaikan tarif Kayangan-Tano jika tanpa kajian yang matang, akan berimbas pada berbagai hal, salah satunya kenaikan harga bahan pokok di NTB.
“Ini tanggal 1 Januari kok sudah naik. Dalam hal ini Kominfo salah memberikan informasi kepada gubernur. Nanti imbasnya pada harga jual beli barang, transportasi dan harga barang-barang kebutuhan pokok,” ujarnya
Kini penyeberangan Kayangan-Tano ditetapkan dengan harga Rp.18 ribu j per orang untuk penumpang dewasa meningkat seribu rupiah bila dibandingkan dengan tarif sebelumnya. Sedangkan, bagi kendaraan roda dua dari sebelumnya mulai Rp. 26 ribu rupiah naik menjadi Rp. 29. 310 rupiah.
Sedangkan bagi kendaraan roda empat, jika ingin menyeberang kini harus menyiapkan dana mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 755 ribu per kendaraan.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )