Pemerintah Kembali Wajibkan Tes Antigen dan PCR bagi Pelaku Perjalanan

Pemerintah Kembali Wajibkan Tes Antigen dan PCR bagi Pelaku Perjalanan

Mataram – Sempat dihapus sebagai syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri, antigen dan tes PCR, kini kembali diberlakukan.
Hal ini, tertuang dalam aturan terbaru menyebutkan, penumpang yang bebas dari pemeriksaan antigen, yakni hanya penumpang yang telah menerima vaksin booster atau vaksin dosis ketiga.
Asiten 3 Provinsi NTB, Nurhandini Ekadewi mengatakan, sesuai Imendagri, ketentuan terbaru terkait pelaku perjalanan menetapkan bagi pelaku perjalanan yang baru menerima vaksin dosis pertama, harus menunjukkan hasil negatif PCR sebagai syarat perjalanan, sedangkan bagi penumpang yang sudah menerima suntik vaksin dosis dua harus dapat menunjukkan hasil negatif rapid antigen. Sedangkan, untuk masyarakat yang sudah menerima vaksinasi booster maka tidak diharuskan melakukan pemeriksaan antigen atau PCR. Sementara itu untuk penumpang yang dalam kondisi sakit atau memiliki penyakit komorbid, tetap harus menunjukkan hasil PCR dan surat keterangan rumah sakit.
“Untuk PPDM untuk vaksin ketiga, tidak wajib menunjukkan hasil negatif, yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif yang sampelnya diambil dalam waktu 1 x 24 jam dan yang belum vaksin dosis pertama wajib, kalau dia punya kesehatan khusus atau komorbid harus ada keterangan dari rumah sakit,” terang Eka.
Langkah ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19, serta menjaga kondisi perkembangan kasus covid yang saat ini terpantau tengah dalam keadaan melandai dan terkendali.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )