Pemerintah Plin Plan Soal Kebijakan Pembagian Rapor, Guru Kelimpungan

Pemerintah Plin Plan Soal Kebijakan Pembagian Rapor, Guru Kelimpungan

Mataram – Setelah pemerintah mengeluarkan keputusan menunda pembagian. Rwpor dan libur semester ganjil, kini pemerintah kembali mengeluarkan keputusan baru yang menetapkan jika pembagian rapor dan libur semester ganjil sesuai dengan kalender pendidikan, sekaligus membatalkan keputusan sebelumnya tentang dimundurkan nya jadwal pembagian rapor dan libur semester ganjil. Keputusan yang berubah-ubah tersebut membuat para guru kelimpungan dan mengharuskan mereka melakukan lembur untuk melakukan pengisian rapor anak didiknya. Seolah diburu oleh waktu, para tenaga pendidik ini harus bisa menyelesaikan proses pengisian rapor siswa sebelum tanggal 18 Desember 2021.
Sejumlah kepala sekolah dan tenaga pendidik, yang enggan disebutkan namanya merasa mengaku bingung dengan sikap plin plan pemerintah tdalam mengeluarkan kebijakan. Terlebih, perubahan aturan dikeluarkan secara mendadak membuat mereka kelimpungan, karena harus dapat menyelesaikan pengisian rapor siswa hanya dalam kurun waktu tiga hari.
Menyikapi keluhan kepala sekolah dan guru, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Lalu Fatwir Uzali, meminta para kepala sekolah dan guru tidak mempersoalkan perubahan aturan tersebut.
Menurutnya, pengisian rapor merupakan tugas reguler, yang biasa dilaksanakan setiap akhir semester, sehingga tidak ada alasan jika proses pengisian rapor tersebut tidak bisa diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.
“Saya rasa semuanya bisa. Bapak ibu guru yang lebih tau secara teknis. Teman-teman kepala sekolah punya strategi untuk menyelesaikan. Saya berharap tidak ada yang tidak selesai, karena ini pekerjaan yang sudah biasa dilakukan,” tandasnya.
Fatwir menjelaskan, perubahan aturan terkait jadwal pembagian rapor siswa dan libur sekolah itu merupakan tindak lanjut dari keluarnya surat edaran Kementrian Pendidikan Riset Dan Teknologi mengenai perubahan jadwal pembagian rapor siswa dan libur sekolah. Jadwal pembagian rapor yang semula tanggal 8 Januari 2022 di batalkan dan disesuaikan dengan kalender pendidikan menjadi tanggal 18 Desember 2021.
Jadwal libur sekolah yang semula dijadwalkan mulai 10 Januari – 22 Januari 2022 juga dibatalkan berubah menjadi tanggal 20 Desember 2021 – 31 Desember 2021. Selama libur sekolah, para orang tua siswa diminta mengambil peran dalam mendidik putra-putrinya dengan mengisi waktu libur sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )