Pemilu 2024, KLU Tetap 3 Dapil dan 30 Kursi Dewan

Pemilu 2024, KLU Tetap 3 Dapil dan 30 Kursi Dewan

Lombok Utara – Persiapan jelang pemilu tahun 2024 telah dilakukan oleh hampir seluruh penyelenggara pemilu diseluruh republik indonesia, tanpa terkecuali KPU daerah Lombok Utara yang saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi.
Saat ini, KPU Lombok Utara tengah sibuk mempersiapkan pesta lima tahunan di itu. Selain sosialisasi dan faktualisasi partai politik calon peserta pemilu, KPUD Lombok Utara juga tengah mengajukan usulan pemekaran daerah pemilihan kepada KPU RI.
Komisioner KPUD Lombok Utara, Rasdi Pion, mengatakan pihaknya mengusulkan penambahan dapil, yang awalnya berjumlah 3 Dapil menjadi 5 Dapil. Masing-masing kecamatan diusulkan menjadi daerah pemilihan masing masing.
“Sebenarnya kami mengusulkan 3 dan 5 Dapil, hanya saja yang menentukan KPU RI tapi bukan kami yang menentukan,” ujar Pion.
Ditambahkan Pion, usulan pemekaran dapil itu sulit di kabulkan oleh KPU RI karena dinilai tidak memenuhi 7 standar pemekaran Dapil dan penambahan alokasi kursi.
Sebagai informasi, Lombok Utara saat ini terdiri dari 3 daerah pemilihan dengan alokasi 30 kursi anggota dewan yakni kecamatan Pemenang dan Tanjung sebagai dapil 1 dengan alokasi kursi 11. Kecamatan Gangga Kayangan dapil 2 dengan alokasi 12 kursi dewan serta kecamatan Bayan menjadi dapil 3 dengan alokasi kursi 7 anggota dewan. Sedangkan untuk dewan propinsi, KLU masih bergabung dengan kabupaten Lombok Barat menjadi satu daerah pemilihan.(shd/klu)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )