Pemkot Mataram Andalkan BTT Tangani Covid-19
Foto : Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Mataram. (Irham/lomboktvnews.com)

Pemkot Mataram Andalkan BTT Tangani Covid-19

Mataram-Hantaman pandemi covid-19 selama hampir dua tahun ini, tampaknya membuat kondisi keuangan pemerintah Kota Mataram kian kritis. Saat ini pemerintah Kota Mataram, hanya mengandalkan anggaran belanja tak terduga untuk membiayai penanganan covid-19, termasuk membiayai kegiatan PPKM darurat.
Sekda Kota Mataram, Effendi Eko Saswito mengatakan, hampir sebagian besar anggaran penanganan covid-19 di semua organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Kota Mataram telah habis terpakai. Dengan kondisi ini, sehingga praktis saat ini pemerintah hanya bisa mengandalkan alokasi anggaran belanja tak terduga yang memang disiapkan untuk membiayai kegiatan yang bersifat darurat termasuk didalamnya penanganan covid-19.
Dijelaskan Eko, pada tahun ini belanja tak terduga yang disiapkan sekitar 7 miliar lebih dan anggaran belanja tak terduga yang belum terpakai digunakan untuk membiyai sejumlah kegiatan, seperti operasional pembiayaan tempat isolasi terpusat, pengadaan oxigen, membiayai kegiatan PPKM darurat dan kegiatan lainnya.
Eko berharap, tidak semua anggaran belanja tak terduga digunakan untuk membiayai penanganan covid-19, karena menurutnya disamping untuk membiayai penanganan pandemi, dana belanja tak terduga tersebut juga disiapkan untuk mengantisipasi penanganan kedaruratan yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Kota Mataram.
“Kita gunakan untuk pembiayaan PPKM darurat, isolasi mandiri terpusat dan yang tujuh miliar itu untuk kegiatan lainnya” ujar Eko.
Sekda menegaskan, penggunaan anggaran belanja tak terduga, sangat tergantung dengan kebutuhan anggaran yang di ajukan SKPD terkait. Dimana, jika untuk membiayai penanganna covid-19, khususnya kegiatan PPKM darurat, SKPD belum menyiapkan anggaran, maka SKPD tersebut dapat mengajukan penggunaan anggaran belanja tak terduga. Untuk itu, Ia pun meminta SKPD terkait segera membuat rancangan jika membutuhkan penggunaan anggaran belanja tak terduga untuk membiyai kegiatan penanganna covid-19. (irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )