Pemkot Mataram Harapkan Lobar Izinkan Nelayan Tambatkan Perahu di Kawasan Senggigi

Pemkot Mataram Harapkan Lobar Izinkan Nelayan Tambatkan Perahu di Kawasan Senggigi

Mataram – Dinas Kelautan Perikanan Kota Mataram berencana akan membangun tempat tambatan perahu nelayan di Bantaran Sungai Jangkuk Kecamatan Ampenan. Namun, sebelum wacana tersebut terealisasi, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram berharap, nelayan asal Kota Mataram diizinkan untuk menambatkan perahu di kawasan Pantai Senggigi pada saat datangnya cuaca buruk. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Mataram, Irwan Harimansyah mengatakan, memasuki musim angin barat, persoalan tambatan perahu, masih menjadi persoalan pelik yang dihadapi oleh nelayan Kota Mataram. Pada saat musim angin barat tersebut, para nelayanan di Kecamatan Ampenan mulai mengeluhkan lokasi tempat mereka menyandarkan perahunya, agar tetap dapat melaut saat cuaca buruk melanda. Selama ini, mereka memilih menyandarkan perahu di Kawasan Pantai Senggigi Lombok Barat, namun hal itu justru kerap menimbulkan masalah. Mereka mendapat penolakan dari pemerintah daerah setempat maupun pelaku wisata di Kawasan Senggigi, karena dinilai mengganggu kenyamanan aktivitas para wisatawan.
Terhadap persoalan itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB, agar memediasi pihaknya dengan pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
Sebelum Kota Mataram memiliki tempat tambatan perahu, pihaknya berharap agar nelayan Kota Mataram, untuk sementara waktu diizinkan menyandarkan perahu mereka di kawasan Pantai Senggigi.
“Kami sudah minta di Provinsi NTB untuk mendiskusikan masalah ini karena ini antara kabupaten dan kota. Kemarin kita juga sudah bahas dengan ketua nelayannya,” ujarnya.
Irwan menjelaskan, terkait lokasi tambatan perahu, Pemerintah Kota Mataram sendiri, mewacananan untuk membangun tempat tambatan perahu nelayan di bantaran sungai jangkuk Kecamatan Ampenan. Namun, untuk merealisasikan wacana tersebut, pihaknya tidak bisa melangkah sendiri dan harus mendapat dukungan dari OPD lainnya di interen Pemkot Mataram, maupun instansi di luar Pemkot Mataram. Salah satunya Balai Wilayah Sungai.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )