Pemkot Siap Datangi Rumah Warga Percepat Vaksinasi Lansia

Pemkot Siap Datangi Rumah Warga Percepat Vaksinasi Lansia

Mataram – Vaksinasi Covid-19 pada lansia di Kota Mataram, terus dikebut. Bahkan, untuk mempercepat proses vaksinasi, Pemerintah Kota Mataram melakukan vaksinasi secara door to door, dengan mendatangi rumah para lansia.
Asisten 1 Setda Kota Mataram Lalu Martawang mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi secara virtual, Kapolri dan Penglima TNI mengapersiasi capaian vaksinasi covid-19 di Kota Mataram, yang persentasenya telah mencapai 96 persen untuk vaksinasi dosis pertama. Meski capaian vaksinasi di Mataram diapresiasi, capaian vaksinasi pada kalangan lansia hasilnya masih belum menggembirakan, karena masih dibawah 60 persen.
Terkait hal itu, Walikota Mataram telah memerintahkan untuk melakukan upaya mempercepat proses vaksinasi pada lansia. Untuk mempercepat capaian vaksinasi lansia, pihaknya akan melakukan vaksinasi secara door to door dengan mendatangi langsung rumah para lansia.
“Kapolri dan Panglima TNI mengapresiasi dosis pertama dan ke dua sampai 65 persen, kita diminta untuk vaksinasi bagi lansia. Walikota memerintahkan kan untuk dilakukan door to door,” terang Lalu Martawang.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi yang juga menjabat ketua Karang Taruna Kota Mataram menyampaikan, dalam hal kegiatan vaksinasi lansia, yang direncanakan akan dilakukan secara door to door, karang taruna siap menjadi garda terdepan untuk mendukung kegiatan tersebut.
Menurutnya, sampai saat ini, banyak warga lansia yang enggan divaksin karena merasa mobilitas mereka sangat terbatas, sehingga mereka merasa tidak menjadi bagian kelompok yang rentan terpapar covid-19, dan tidak perlu mendapatkan suntikan vaksin. Ia menilai pemikiran tersebut keliru, sehingga pemerintah pun harus melakukan upaya yang lebih agar para lansia di kota mataram bersedia divaksin. Untuk menggairahkan minat para lansia ia pun mendukung rencana Pemkot Mataram yang akan memberikan bingkisan paket sembako bagi para lansia yang bersedia divaksin.
“Cara kita untuk menyemangati, karena kita temukan dilapangan kalau mereka menganggap tidak ada aktivitas diluar sehingga tidak perlu vaksin. Jadi untuk menyemangati para lansia dengan memberikan sembako kami dukung,” ujar Didik.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )