Pemuda Desa Boroq Toyang Produksi Sabun Berbahan Alami

Pemuda Desa Boroq Toyang Produksi Sabun Berbahan Alami

Lotim – Inovasi kreatif ditunjukkan seorang pemuda asal Desa Boroq Toyang kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Ia mampu menghasilkan produk bernilai ekonomis menggunakan bahan dasar daun tumbuh tumbuhan. Poroduk yang dihasilkan berupa sabun berbahan dasar daun sager, jeruk nipis, kunyit dan kayu sacang. Dari tiga bahan tersebut ia menghasilkan banyak produk sabun yaitu, sabun cuci tangan, cuci motor, cuci piring, deterjen dan pewangi pakaian.
Sabun buatan pemuda Boroq Toyang ini diberi nama Ronas, yang berarti cuci.
Kepala Desa Boroq Toyang Ahyar Rosyidi mengatakan, produk ini dinamakan Ronas, karena suku sasak yang identik dengan nama tersebut yang berarti mencuci.
Dijelaskan Ahyar produk binaannya ini, sudah mulai dipasarkan hampir ke seluruh wilayah NTB. Bahkan sudah banyak laku terjual. Omset dari produk ini mencapai 12-14 juta per bulan.
Meski memiliki banyak saingan, namun produk ini tetap diminati, karena memiliki keunggulan tersendiri yaitu kualitas yang sama dengan produk sejenis, namun harga yang lebih murah, dan berbahan alami.
“Ronas ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti daun sager dan juga kayu sepang, kunyit dan menggunakan bahan lokal. Kami sangat bersyukur sekali ada di Karang Taruna kami. Mari kita dukung dan mengajak masyarakat untuk bela dan beli produk lokal ini,” ujar Ismail.
Ditambahkan Ahyar, produk ini berhasil meraih juara pertama dalam lomba teknologi inovasi tingkat kabupaten, provinsi, dan akan menjadi utusan dalam lomba teknologi tingkat nasional.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )