Pendistribusian Daging Kurban Dilakukan Petugas ke Tempat Tinggal Warga yang Berhak
Foto : Suasana proses persiapan pendistribusian daging kurban. (Red/lomboktvnews.com)

Pendistribusian Daging Kurban Dilakukan Petugas ke Tempat Tinggal Warga yang Berhak

Jakarta-Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Pemerintah melalui Kementrian Agama telah mengeluarkan petunjuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha mulai dari persiapan shalat hari raya idul adha hingga teknis pembagian daging kurban dimasa pandemi covid-19.
Untuk pembagian daging kurban yang kerap dilakukan dengan menggunakan kupon dan berkumpul di satu tempat tertentu, dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini kegiatan tersebut tidak dibolehkan.
Dalam surat edaran yang dikeluarkan Kementrian Agama, ditegaskan bahwa pendistribusian daging hewan kurban harus dilakukan oleh petugas ke tempat tinggal warga yang berhak. Selain itu, teknis persiapan pelaksanaan kurban juga diatur secara detail untuk mencegah penularan covid-19.
Dalam melaksanakan kurban, wajib memenuhi ketentuan, seperti penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk hewan yang disembelih, penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah guna menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R dengan ketentuan diantaranya penerapan jaga jarak fisik (physical distancing) yang meliputi pemotongan hewan kurban di area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jaga jarak fisik, penyelenggara hanya membolehkan petugas dan pihak yang berkurban untuk menyaksikan pemotongan hewan kurbannya, menerapkan jaga jarak fisik antar petugas pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging. (Red/jkt)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )