Penerima Bantuan Sosial Perlu Dievaluasi

Penerima Bantuan Sosial Perlu Dievaluasi

Mataram – Wali kota Mataram, H Mohan Roliskana menilai perlu adanya verfikasi terhadap data penerima bantuan sosial dan kriteria yang diperluas, sehingga lebih tepat sasaran.
Pernyataan itu disampaikan, Mohan menyikapi penyaluran bantuan langsung tunai minyak goreng, yang data penerimanya kembali berasal dari keluarga penerima manfaat program bantuan pangan sosial, serta program keluarga harapan.
Dengan demikian, muncul kesan di tengah masyarakat, bahwa apapun jenis bantuannya, sehingga yang berhak penerima, tetap kepala keluarga yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat kedua program bantuan sosial tersebut.
Sementara, pedagang kakil lima, khususnya penjual gorengan, serta pelaku UMKM lainnya, yang disebut-sebut akan menjadi sasaran dari penyaluran program BLT minyak goreng belum terakomodir.
Mohan menyebut, disatu sisi kondisi tersebut dapat memaklumi, karena sejauh ini, data yang ada dipemerintah pusat hanya data dari dinas sosial yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik.
Sementara disisi lain, program penyaluran BLT minyak goreng, secepatnya harus dilaksanakan, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pendataan ulang, karena hal itu membutuhkan waktu cukup lama.
Akan tetapi, menurut Mohan, persoalan ini harus menjadi catatan untuk menjadi bahan evaluasi.
Menurutnya, perlu verifikasi data penerima bantuan sosial dan kriterinya diperluas, agar beragam jenis bantuan yang disalurkan pemerintah bisa lebih tepat sasaran.
“Tidak mudah memang bagi Dinas Sosial untuk bisa melakukan pendataan secepat itu dan juga kalaupun misalnya harus disamakan dengan kementerian saat ini barangkali sumber data yang bisa itu dulu, yang penting bisa melaksanakan. Tapi ke depan tentunya data-data perlu verifikasi lagi supaya bisa diperluas untuk terima bantuan,” ujar Mohan
Di Kota Mataram sendiri, tercatat sebanyak 52. 870 kepala keluarga, menjadi sasaran penerima bantuan langsung tunai minyak goreng sebesar Rp. 300.000 untuk waktu 3 bulan, yakni bulan April, Mei, dan Juni 2022. Dimana, puluhan ribu kepala keluarga yang menerima BLT minyak goreng tersebut merupakan keluarga penerima manfaat dari program bantuan pangan sosial dan program keluarga harapan.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )