Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai Dibuka

Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai Dibuka

Mataram – Pengiriman tenaga kerja Indonesia atau buruh migran dengan tujuan negara Taiwan yang sebelumnya ditutup karena pandemi covid-19, kini sudah kembali dibuka.
Salah satu perusahaan penempatan buruh migran ke luar negeri, yang sudah mulai melakukan perekrutan dan penempatan TKI dengan negara tujuan Taiwan adalah PT.Pamor Sapta Dharma. Puluhan calon TKI bahkan sudah mulai mengikuti proses seleksi dan pelatihan yang dilakukan oleh pihak perusahaan.
Direktur operasional PT. Pamor Sapta Dharma, Tri Haryadi, mengungkapkan Taiwan sejauh ini menjadi salah satu negara yang telah membuka penerimaan TKI dengan jumlah yang signifikan. Dimana, untuk wilayah NTB, permintaan TKI untuk pekerja konstruksi dan pabrik tahun ini mencapai 150 orang. Namun, pihak PT pamor sendiri baru bisa menyediakan calon tenaga kerja tahap pertama sebanyak 42 orang V.
Tri Haryadi mengatakan pemberangkatan tahap pertama akan dilakukan pada 27 Maret mendatang, setelah semua dokumen dan pelatihan di Balai Latihan Kerja dinyatakan lengkap.Untuk gaji para pekerja sendiri, kata Tri dua kali lipat lebih besar daripada gaji di Malaysia.
“Taiwan sudah membuka diri, ini peluang besar khususnya untuk orang NTB, dari segi gaji pokoknya lebih besar dua kali lipat dibandingkan Malaysia,’ ujarnya. Tri Haryadi mengatakan pemberangkatan tahap pertama akan dilakukan pada
Pengiriman TKI ke Taiwan ini tidak akan melalui Jakarta, namun langsung ke Taiwan melalui bandara Bali. Pelatihan dan seleksi sepenuhnya akan dilakukan di NTB.
Selain gaji yang besar, para calon tenaga kerja dan ahli warisnya juga akan mendapatkan asuransi dari pihak perusahaan dimana mereka akan ditempatkan.
Sementara itu, salah satu calon tenaga kerja yang akan berangkat ke Taiwan, Ahyar mengaku terdorong untuk menjadi TKI karena tidak adanya lapangan pekerjaan di NTB, terutama di masa pandemi covid-19. Sehingga memaksa dirinya untuk berangkat menjadi TKI, dengan niatan ingin merubah nasib.(ddy/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )