Pj Bupati Lotim Sebut Ponpes Berperan Penting Tingkatkan IPM

Pj Bupati Lotim Sebut Ponpes Berperan Penting Tingkatkan IPM

Lombok Timur – Penjabat Bupati Lombok Timur Muhammad Juaini Taofik menyebutkan Pondok Pesantren (Ponpes) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Timur.
Total jumlah Pondok Pesantren di Lombok Timur (Lotim) sebanyak 257, jumlah ini bahkan lebih banyak dari total jumlah desa dan kelurahan di Lotim yang berjumlah 254. Artinya jumlah Ponpes sudah berhasil mewujudkan satu desa satu santri.
Menurutnya Ponpes berkontribusi memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan, sehingga berkontribusi mengangkat usia harapan sekolah di Lotim menjadi 14,02.
“Makna konkretnya adalah seluruh santri kita sudah tidak ada lagi yang tidak melanjutkan sekolahnya. Kalaupun ada jumlahnya sangat kecil,” ungkap Taofik.
Kondisi tersebut, lanjut Taofik sebagai perwujudan jihad intelektual untuk memberantas kebodohan dan ketidakpahaman serta ketertinggalan. Hal itu pun selaras dengan tema peringatan hari santri tahun ini yaitu jihad santri jaya kan negeri.
“Tantangan santri dan seluruh komponen bangsa hari ini bukanlah perjuangan fisik, tetapi bagaimana bersama-sama bahu membahu, berkolaborasi, bersinergi untuk melawan penyakit yang namanya kebodohan, kemiskinan,” jelasnya.
Selain kontribusi dibidang pendidikan, Ponpes juga berkontribusi meningkatkan IPM melalui indikator Kesehatan. Aspek yang mempengaruhi sektor kesehatan ini kata Taofik, salah satunya yaitu persoalan kesehatan lingkungan. Dalam peningkatan IPM aspek ini menyumbang 40% terhadap kondisi kesehatan.
Aspek lain yang juga berkontribusi adalah prilaku hidup sehat yang menyumbang angka 30%, sehingga kebiasaan baik yang diterapkan para santri seperti perilaku hidup sehat dapat diteruskan di lingkungan sekitar ketika kembali ke rumah atau berinteraksi dengan masyarakat.
“Kita harapkan para santri dan keluarga besar pondok pesantren dapat terus meningkatkan kebersihan, kecukupan air minum, dan kenyamanan. Bila perlu diselenggarakan lomba kebersihan lingkungan antar pondok pesantren sebagai rumah para santri,” imbuh Taofik.(RL)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )