Positif Covid-19, Puluhan Nakes RSUD Mataram Belum Bisa Divaksin Booster

Positif Covid-19, Puluhan Nakes RSUD Mataram Belum Bisa Divaksin Booster

Mataram-Pelayanan vaksinasi dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan di RSUD Kota Mataram hingga saat ini masih terus berjalan.
Namun, tidak semua tenaga kesehatan bisa mendapatkan suntikan vaksin moderna sebagai booster, karena beragam alasan. Salah satunya, karena para nakes positif covid-19 dan masih dalam masa isolasi.
Tercatat, sebanyak 1.100 tenaga kesehatan di RSUD Kota Mataram yang akan menjadi target penerima suntikan booster menggunakan vaksin moderna.
Dihubungi via telepon, pelaksana tugas wakil direktur pelayanan medik RSUD Kota Mataram, dr Tris Cahyoso menjelaskan, setelah hampir sepekan berjalan, baru 400 tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksin dosis ketiga.
Capaian itu diakuinya, masih rendah, mengingat untuk vaksinasi booster moderna, pihaknya menargetkan jumlah nakes yang divaksin dalam sehari sebanyak 140 orang. Sehingga, pelayanan vaksin moderna bisa tuntas dalam jangka waktu delapan hari.
Akan tetapi, dalam prakteknya tidak semua tenaga kesehatan siap menerima suntikan vaksin dosis ketiga, karena ada puluhan tenaga kesehatan yang kondisi kesehatannya kurang sehat dan juga masih ada nakes yang menjalani isolasi mandiri akibat masih terpapar covid-19.
dr Tris menyampaikan, tenaga kesehatan yang masih menjalani perawatan maupun isolasi karena positif corona, tidak bisa langsung mendapatkan vaksin moderna. Untuk bisa mendapatkan suntikan vaksin moderna, mereka harus menunggu hingga tiga bulan setelah di nyatakan positif covid-19.
Dijelaskannya dr Tris, dengan adanya penundaan pemberian vaksin dosis ketiga terhadap puluhan nakes tersebut, maka stock vaksin moderna yang mereka terima tidak semuanya akan terpakai. Kelebihan stock vaksin jenis moderna itu, akan dikembalikan ke Dinas Kesehatan ataupun di alihkan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat yang membutuhkan tambahan stock vaksin moderna. (irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )