PPDB Jalur Prestasi, Sekolah Favorit Diserbu Pendaftar

PPDB Jalur Prestasi, Sekolah Favorit Diserbu Pendaftar

Mataram – Sekolah-sekolah jenjang SD dan SMP Negeri di Kota Mataram, hari ini mulai membuka pendaftaran peserta didik baru.
Dihari pertama pendaftaran, sejumlah sekolah yang dicap sekolah favorit oleh masyarakat diserbu calon siswa dari jalur prestasi.
Seperti yang terpantau di SMP Negeri 6 Mataram, di kawasan Jalan Udayana Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram.
Sejak pukul 06.00, para orang tua calon siswa beserta putra-putrinya sudah mulai mengantri di loket-loket pendaftaran yang disiapkan pihak panitia.
Dengan mengandalkan prestasi akademik dan non akademik, para pendaftar ini mencoba peruntungan untuk merebut jatah 30 persen kuota penerimaan peserta didik baru yang disiapkan melalui jalur prestasi.
Selain jalur prestasi, untuk pendaftaran tahap pertama ini juga disiapkan jalur afirmasi sebesar 15 persen bagi calon siswa dari kalangan keluarga kurang mampu dan memiliki kartu indonesia pintar, serta calon siswa yang berkebutuhan khusus.
Kepala SMP Negeri 6 Mataram, H Sibawaeh, menjelaskan dua jalur penerimaan, yakni jalur prestasi dan afirmasi yang dibuka pada pendaftaran tahap pertama ini diperutukkan bagi calon siswa yang berada diluar zonasi sekolah.
Nantinya, calon siswa yang bisa diterima akan mengacu pada hasil perangkingan yang secara berkala akan diumumkan baik melalui papan pengumuman disekolah maupun melalui website PPDM online Kota Mataram.
Untuk itu, para orang tua calon siswa pun diharapkan aktif untuk memantau hasil rangking putra-putrinya, sehingga bisa mengambil alternatif pilihan lain, jika putra-putrinya tidak bisa diterima dari dua jalur tersebut.
“Jalur afirmasi dan prestasi akademik yang mulai ramai. Untuk pengumumannya nanti akan terus kita update hasil perengkingan melalui online juga, supaya para orang tua dapat memantau hasilnya mulai siang ini,” ujar Sibawaeh.
Kepala dinas Pendidikan Kota Mataram, Lalu Fatwir Uzali menyampaikan, terkait pelaksanaan PPBD tahun ini, pihaknya berharap akan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Semua anak-anak yang hendak masuk sekolah kejenjang berikutnya dapat didistribusikan sekolah yang ada, sehingga tidak ada satupun anak di Mataram yang tidak dapat bersekolah hanya gara-gara tidak diterima saat berlangsungnya proses penerimaan peserta didik baru.
“Pada PPDM tahun 2022 ini, kita harapkan sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil dimana semuanya bisa masuk sekolah, pertama tidak ada anak di Kota Mataram yang tidak bisa sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA sampai ke Perguruan Tinggi,” papar Huzair.
Sementara itu, penerimaan peserta didik baru tahun 2022 di Kota Mataram sendiri akan mengunakan 4 sistem pendaftaran yakni jalur prestasi dengan kuota 30 persen jalur afirmasi dengan kuota 15 persen jalur perpindahan orang tua dengan kuota 5 persen, serta jalur zonasi dengan kuota 50 persen.
Untuk PPDB jalur prestasi dan akademik akan dibuka mulai hari ini 20 Juni 2022 hingga 22 Juli 2022. Sedangkan PPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua dijadwalkan akan dibuka pada 27 hingga 29 Juni 2022 pekan depan.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )