Program PKW, Hj Niken Berharap Muncul Pelaku Wirausaha Baru Yang Inovatif, Kreatif dan Berdaya Saing

Program PKW, Hj Niken Berharap Muncul Pelaku Wirausaha Baru Yang Inovatif, Kreatif dan Berdaya Saing

Lombok Barat– Dalam rangka meningkatkan kualitas kerajinan lokal bagi para pengrajin pada daerah wisata Mandalika, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi NTB memberikan pelatihan wirasawasta bagi para perajin.

Pada penutupan diklat pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan wirausaha baru bagi para pengrajin di wilayah Mandalika yang berlangsung di Hotel Sheraton, Lombok Barat, Rabu 11 November 2020, Ketua Umum Dekranasda Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan berwirausaha pada masa pandemi Covid-19 ini merupakan pilihan yang tepat. Kehadiran UMKM mendapat ruang di tengah masyarakat, sebagai upaya nyata peningkatan perekonomian di NTB.

“Selain itu, program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) destinasi pariwisata super prioritas guna menunjang perhelatan akbar MotoGP 2021 yang memiliki manfaat yang begitu besar bagi NTB,” jelas Hj. Niken.

Hj. Niken yang saat itu menggunakan tenun khas Sasak berwarna merah muda menyampaikan sisi kerajinan memiliki peluang untuk memasarkan produk-produk kerajinan khas NTB. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan lahir pelaku wirausaha baru yang inovatif, kreatif mandiri dan berdaya saing serta memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Disamping selalu melakukan upgrade pengetahuan dan keterampilan yang dapat menunjang aktivitas dalam mengelola usahanya, pelatihan ini juga merupakan upaya peningkatan kualitas SDM para pengrajin agar mampu bertahan di lapangan,” ungkap Hj. Niken.

Di akhir sambutannya, Hj. Niken berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat mengaplikasikan ilmu dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

“Mari kita sama-sama berikhtiar mewujudkan masyarakat NTB yang Gemilang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Pusat Endang Budi Karya mengatakan Mandalika yang dipersiapkan untuk perhelatan MotoGP 2021 diharapkan terus mendorong pengembangan infrastruktur serta mempromosikannya secara masif.

“SDM di wilayah Mandalika juga harus dipersiapkan agar tidak tertinggal dan dapat merasakan hasil pembangunan ini dengan meningkatnya kesejahteraan mereka,” tuturnya.

Untuk itu, Dekranas memandang sangat penting untuk melakukan pembinaan dan pengembangan UKM Pengrajin di Mandalika. Ia berharap peran Dekranasda Provinsi, Kota dan Kabupaten di NTB untuk terus menggali potensi produk kerajinan yang dapat dikembangkan untuk selanjutnya diberikan motivasi sehingga lebih kreatif dan inovatif.

“Berbagai kriya souvenir khas destinasi dengan identitas tradisional telah dibuat, ditangan asuhan para mentor pelatih-pelatih pakar di bidangnya. Para peserta pelatihan telah mampu menghasilkan kriya souvenir dengan desain yang kreatif, inovatif dan kekinian,” tutupnya.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )