Program Vaksinasi Anak Terkendala Stok

Program Vaksinasi Anak Terkendala Stok

Mataram – Animo para orang tua di Kota Mataram untuk mengikuti program vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun, terbilang cukup tinggi. Sejak diluncurkan awal pekan kemarin, tercatat sudah lebih dari 5.000 anak atau sekitar 13 persen dari total target, telah menjalani vaksinasi. Namun, ssayang tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi anak dibawah usia 11 tahun itu, tak dibarengi dengan ketersediaan stok yang mencukupi.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, H Usman Hadi menyampaikan, antusiasme anak-anak untuk mengikuti vaksinasi covid-19 terbilang cukup tinggi.
Untuk pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Mataram, ditargetkan akan tuntas dalam kurun waktu 20 hari. Namun, upaya untuk memenuhi target tersebut sangat tergantung pada ketersediaan stok vaksin.
Pasalnya, ditengah tingginya animo masyarakat mengikuti program vaksinasi anak dibawah 11 tahun, ketersediaan stok justru menjadi kendala. Bahkan, jumlah stok vaksin yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan target perhari. Vaksinasi anak di Mataram perharinya ditargetkan sebanyak 2.000 lebih, sementara stok vaksin yang tersedia hanya tersisa sekitar 1.600 dosis.
“Maksimal target dua ribu per hari. Stok vaksin kita ada sekitar 1.600 dosis,”terang Usman.
Meski ketersediaan stok masih menjadi sebuah kekhawatiran, namun pihaknya yakin kendala tersebut dapat teratasi sehingga capaian vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun ini bisa mencapai target.
Selain itu, pihaknya juga berharap, tingginya animo masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun ini tetap terjaga. Masyarakat diharapkan, tetap memelihara kesadaran mereka untuk mengikuti program vaksinasi covid-19 dan tidak mudah terpengaruh dengan berita bohong tentang pemberian vaksin bagi anak usia Sekolah Dasar tersebut.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )