Puluhan Wartawan di Mataram Suarakan Pengusutan Terhadap Aksi Kekerasan Jurnalis
Poto : Lale Riska Anjani Wartawan lomboktvnews.com

Puluhan Wartawan di Mataram Suarakan Pengusutan Terhadap Aksi Kekerasan Jurnalis

Mataram – Puluhan wartawan yang tergabung dalam koalisi wartawan (kawan) Mataram, melakukan aksi damai di depan kantor Gubernur NTB, pada Senin (5/04/2020) pagi.
Dalam orasinya, puluhan jurnalis Mataram tersebut menyuarakan pengusutan terhadap aksi kekerasan yang menimpa jurnalis Tempo Nurhadi, saat melaksanakan peliputan mengenai kasus korupsi beberapa waktu lalu di Surabaya.
Dalam aksi tersebut, selain melaksanakan aksi orasi, peserta aksi juga membacakan puisi, dan membagi bagikan masker kepada pengguna jalan di seputar jalan Pejanggik.
Koordinator aksi, Sirtupirlaili dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin yang menjadi tuntutan para peserta aksi, diantaranya yakni mengusut tuntas pelaku pemukulan jurnalis Tempo.
” Kekerasan terhadap jurnalis, tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun. Kedua, kami mendesak aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kekerasan yang dialami Nurhadi. Ketiga, kami mendesak sikap profesionalisme pihak kepolisian dalam kasus ini, meskipun ada oknum polisi yang juga terlibat.” Paparnya.
Ditemui di tempat yang sama, ketua Ikatan Jurnalis Tv Indonesia (IJTI) NTB, Rida Andi Patrioi mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan bagian dari rasa solidaritas terhadap Nurhadi dan jurnalis lainnya, yang pernah mendapatkan kekerasan saat bertugas.
Aksi ini adalah merupakan, bentuk solidaritas kepada kawan-kawan jurnalis yang mengalami tindak kekerasan.” Katanya.
Ia juga mengutuk kekerasan yang menimpa Nurhadi.
” Kami menghimbau kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas, tindak kekerasan yang kerap dialami jurnalis di lapangan.” Tutupnya.(rska/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )