Pupuk Langka, DPRD Akan Bentuk Tim Khusus

Pupuk Langka, DPRD Akan Bentuk Tim Khusus

Mataram – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah NTB, akan membentuk tim khusus yang akan mengkaji terkait proses distribusi pupuk ke petani. Rencana membentuk tim khusus yang akan melakukan kajian sekaligus penelusuran, terkait proses distribusi pupuk ke petani,disampaikan langsung ketua komisi II DPRD NTB bidang pertanian, Ridwan Hidayat. Rencana pembentukan tim khusus dilakukan menyusul terjadinya kelangkaan pupuk subsidi di sejumlah wilayah di NTB.
Kelangkaan tidak hanya diakibatkan oleh terbatasnya stok pupuk subsidi, namun juga diduga akibat ulah para distributor nakal yang kerap mempermainkan harga diatas harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah.
Tidak hanya itu, pupuk bersubsidi juga kerap dijual dengan harga pupuk non subsidi. Oleh karena itu, tegas Ridwan Hidayat, perlu adanya tim khusus yang akan melakukan kajian, sehingga persoalan pupuk tidak selalu terulang pada setiap musim tanam.
Tim tersebut juga kata Ridwan, akan memantau harga jual pupuk di tingkat distributor. Ketika ditemukan distributor yang melakukan penjualan diatas HET, maka akan langsung diberikan sanksi berupa pencabutan ijin usaha.
“Kami menawarkan untuk membuat tim khusus yang akan mengkaji secara mendetail sistemnya seperti apa, sehingga persoalan pupuk ini tidak terulang setiap tahunnya,” ujar Ridwan.
Pada musim tanam padi tahun ini, kelangkaan pupuk subsidi terjadi hampir di seluruh wilayah NTB. Petani pun teriak, karena tidak mampu membeli pupuk nonton subsidi yang harganya tak terkendali.(ddy/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )