Pusat Prioritaskan Jawa-Bali, Capaian Vaksin Dosis Kedua NTB Rendah

Pusat Prioritaskan Jawa-Bali, Capaian Vaksin Dosis Kedua NTB Rendah

Mataram-Jika capaian vaksin dosis pertama tergolong tinggi, namun capaian vaksin dosis kedua justru sebaliknya diklaim rendah.
Rendahnya capaian vaksin dosis kedua, disebabkan terbatasnya persediaan vaksin.
Berdasarkan data cakupan vaksinasi covid-19 Provinsi NTB, per tanggal 19 Agustus 2021 lalu capaian vaksin dosis pertama mencapai angka 16,33 persen. Sementara, vaksin tahap kedua hanya separuh dari capaian pertama yakni hanya 8,25 persen.
Asisten III Setda NTB, dr Nurhandini Eka Dewi mengatakan, rendahnya capaian vaksin dosis kedua disebabkan karena kurangnya persediaan vaksin karena saat ini masih di prioritaskan untuk wilayah Jawa-Bali yang masih berstatus level 4.
Namun, menurut Eka, kondisi tersebut hanya akan berlangsung hingga akhir Agustus mendatang. Pada September mendatang, NTB akan menerima 70.000.000 dosis vaksin guna percepatan vaksinasi menyambut perhelatan internasionl di Sirkuit Mandalika.
Lebih lanjut Eka mengatakan, bahwa karena kurangnya persediaan vaksin, Pemprov NTB juga saat ini menolak masyarakat yang hendak melakukan vaksin tahap pertama. Karena di khawatirkan, jika di lakukan vaksin tahap pertama maka akan ada jeda yang terlalu lama dalam pelaksanaan vaksin dosis pertama dengan vaksin dosis kedua, yang pada akhirnya menjadi tidak efektif.
Eka meminta masyarakat yang hendak divaksin tahap pertama untuk bersabar menunggu bulan september sesuai dengan yang dijanjikan oleh pemerintah pusat.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )