Rakerda DPD II KNPI XV Lotim, Fokus Berdayakan Pemuda Jadi Wirausaha

Photo: Pj. Bupati Lotim dan Ketua KNPI Lotim saat membuka Rakerda DPD II KNPI Lotim

Lombok Timur – DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lombok Timur (Lotim) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke XV Periode 2023-2026 di Gedung Juang. Rakerda di buka Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), M. Juaini Taofik Sabtu (2/12/23).

Ketua DPD II KNPI Lotim Zuarno Saputra, menyampaikan tema yang diangkat dalam Rakerda XV yaitu “Pemuda Bersatu Bersinergi dan Berkolaborasi Menuju Lotim yang Hebat”. Tema itu jelas Zuarno, diambil dari keinginan pemuda Lotim, untuk mandiri dan berkolaborasi dengan semua pihak, serta menanamkan mindset berwirausaha kepada setiap pemuda.

Lanjut Zuarno, fokus program yang akan dihasilkan dari Rakerda ini yaitu, mengembangkan kemandirian pemuda dalam berwirausaha, yaitu ambil bagian menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Mindset berwirausaha ini kita mau tanamkan pada pemuda, dengan harapan para pemuda bisa menjadi pengusaha sukses yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” terangnya.

Untuk pelaksanaan semua program kepemudaan, Zuarno mengatakan, pertemuan pemuda akan dipusatkan di Gedung Juang.

“Kita tunjukkan diri bahwa pemuda betul-betul berbuat untuk Lombok Timur berkemajuan dan hebat. Kita ingin buat sejarah, jangan pemuda hanya menghabiskan anggaran tetapi bagaimana berkolaborasi agar semua terkait kepemudaan bisa bermanfaat dan berbuat untuk Lombok Timur berkemajuan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Lotim, M. Juaini Taofik mengimbau agar menunjukkan kekompakan dan kebersamaan. Buang perbedaan tetapi utamakan berkemajuan. Tunjukkan semangat dengan fokus dan serius dalam mengerjakan program.

Ia juga menyarankan pada yang hadir musda untuk memilah dan memilih mana program yang akan di tuntaskan tahun ini, mana yang jangka menengah.

“Tapi fokuslah program di tahun pertama itu dengan yang mudah-mudah dikerjakan agar tampak hasil dari yang diprogramkan,” sarannya.
Ia juga sependapat dengan harapan ketua KNPI agar memakai dan memfungsikan gedung juang ini sebagai sentra untuk kegiatan pemuda.
“Harapan saya gedung pemuda ini kelola oleh pemuda agar ada tempat sentral kegiatan,” harapnya.

Disampaikan juga, di tahun 2024 anggaran untuk pemuda ada kenaikan dari tahun sebelumnya, Ia berharap betul betul dipilih kegiatannya apa yang dilakukan dari anggaran yang akan diterimakan dari pemda. Tidak ada hal yang tidak bisa dikerjakan selama dilakukan bersama.

“Mimpi pemuda itu tidak boleh dibatasi, tetapi harus di ukur, mimpi sendiri beda dengan mimpi bersama,” pungkasnya.(Rhl)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )