Ratusan Pedagang Pasar Kebon Roek Ditertibkan

Ratusan Pedagang Pasar Kebon Roek Ditertibkan

Mataram – Aparat gabungan dari Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, serta dibantu aparat kepolisian, Jum’at pagi, menata ulang pedagang di Pasar Kebon Roek Ampenan.
Ratusan personel aparat gabungan melakukan pembersihan terhadap sisa-sisa material lapak pedagang yang sebelumnya dibangun di area parkir pasar.
Sementara, ratusan pedagang yang selama ini memanfaatkan areal parkir pasar, sebagai pasar tumpah ditertibkan, dan didorong masuk kedalam pasar.
Kepala pasar Kebon Roek Malwi menyampaikan, sebelum melakukan penertiban, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi, serta melakukan pendekatan, agar para pedagang diareal parkir, bersedia di tata ulang dan direlokas. Pedagang pun bersedia untuk dipindahkan dan menempati sejumlah blok pasar, yang mereka siapkan yakni blok pasar ikan higienis, serta los pasar yang ada di lantai 2.
‘”Kita sudah melakukan sosialisasi enam hari sebelum dilakukan penertiban, kita melakukan penertiban untuk yang masih bertahan. Tapi Alhamdulillah, para pedagang batas kesadaran sendiri membongkar tempat jualannya,” kata Malwi
Sementara itu, kepala Dinas Perdagangan Kota , Uun Pujianto menyampaikan, penataan ulang para pedagang yang selama ini berjualan di areal parkir, tak terlepas dari banyaknya keluhan masyarakat atas kondisi Pasar Kebon Roek yang semrawut.
Disamping itu, penertiban ini juga untuk menyambut ajang MotoGP Sirkuit Mandalika. Dimana, dari hasil rapat koordinasi dengan sejumlah pihak kondisi kemacetan lalu lintas di depan pasar Kebon Roek, akibat munculnya pasar tumpah di areal parkir. Dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran serta kenyamanan para tamu, yang akan menyaksikan ajang MotoGP.
‘Kita akan mau ada MotoGP, agar tidak terjadi kemacetan nanti saat even MotoGP, karena sekitar 600-an kendaraan akan melalui jalan ini bandara lama, biar para tamu kita bisa lebih nyaman,” ujar Uun.
Uun menegaskan, penertiban pedagang diareal parkir pasar Kebon Roek, tidak bersifat sementara lahan parkir yang selama ini disalah fungsikan dan dimanfaatkan sebagai pasar tumpah, akan dikembalikan fungsinya sehingga ruas jalan Adi Sucipto pun tidak lagi dimanfaatkan sebagai lahan parkir.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )