Rekrutmen Tenaga Kerja di KEK Mandalika Harus Utamakan SDM Lokal

Rekrutmen Tenaga Kerja di KEK Mandalika Harus Utamakan SDM Lokal

Mataram-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah NTB mendorong rekrutan calon tenaga kerja pada event WSBK dan MotoGP Mandalika, lebih mengutamakan tenaga kerja lokal. Pihak ITDC selaku pengelola, harus mengakomodir tenaga kerja lokal, sehingga keberadaan KEK Mandalika berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.
Untuk pengembangan KEK, pihak ITDC selaku pengelola diperkirakan membutuhkan sedikitnya 27.694 tenaga kerja.
Kebutuhan tenaga kerja itu, untuk beberapa proyek pembangunan di KEK Mandalika yang sebagian besar ada pada fase konstruksi. Dan sisanya, tenaga kerja saat kawasan pariwisata itu sudah mulai beroperasi.
Peluang lapangan kerja yang luas tersebut, diharapkan bisa diisi oleh calon tenaga kerja lokal, yang telah memiliki skil dan keterampilan sesuai dengan standar yang dibutuhkan.
Anggota DPRD NTB dari daerah pemilihan Lombok Tengah, Lalu Wire Jaye, mengatakan penggunaan tenaga kerja lokal di KEK Mandalika adalah harga mati.
Selama SDM di NTB dan Lombok khususnya, masih memenuhi standar yang dibutuhkan, maka pihak ITDC selaku pengelola tidak bisa mendatangkan tenaga kerja dari luar.
“Kenapa harus pilih orang luar, kalau memang tenaga kerja kita di sini memenuhi standar. Saya kira pihak penyelenggara harus mengakomodir teman-teman kita disini, sehingga kita harapkan dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat setempat”, ujar Wire Jaye.
Sementara itu, terkait standar skill dan keterampilan yang harus dimiliki oleh tenaga kerja lokal, pihak ITDC lanjut Wire Jaye perlu membangun komunikasi dan menyampaikan kepada calon tenaga kerja, terkait standar yang dibutuhkan. Sehingga, tidak hanya dijadikan sebagai alasan untuk menyingkirkan tenaga kerja lokal.(ddy/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )