Rencana One Gate Syastem Batal, Polisi Akan Rutin Razia Pengunjung

Rencana One Gate Syastem Batal, Polisi Akan Rutin Razia Pengunjung

KLU – Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air) merupakan daerah konservasi serta kawasan super strategis yang mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Tiga gili itu juga merupakan kawasan pariwisata internasional yang menjadi kebanggaan kabupaten Lombok Utara.
Sebelumnya, saat masyarakat gili Tramena itu diundang oleh pemkab Lombok Utara untuk berdiskusi dengan pengusaha fastboad sebagai dampak dari aksi penghadangan yang dilakukan Koperasi Karya Bahari terhadap kapal-kapal cepat milik pengusaha bali, masyarakat gili tramena menyampaikan kepada polres Lombok Utara terkait masifnya tindak kriminal di tiga gili. Terlebih peredaran narkoba di kawasan tersebut yang sangat memprihatinkan.
Atas informasi masyarakat itulah, kepolisian resort Lombok Utara menginginkan sistem satu pintu untuk masuk ke kawasan tiga gili. Hanya saja saran dari kepolisian yang awalnya sudah diterima baik oleh pemda KLU tidak ditindaklanjuti. Rute dari bali langsung masuk ke tiga gili tetap berjalan tanpa ada lokasi screening satu pintu.
Pun demikian, Kapolres Lombok Utara, AKBP I Wayan Sudarmanta, mengatakan, tetap menghormati keputusan pemda KLU terkait insiden antara KKB dengan pengusaha kapal cepat. Kapolres memastikan akan menggelar razia di tiga gili secara rutin untuk memastikan tidak ada wisatawan yang datang ke gili membawa narkoba, senjata dan ttindakan kriminal lainnya.
“Pada saat ada penumpang fastboad atau penumpang-penumpang lain yang masuk ke Gili Trawangan bersandar di Dermaga, kita akan melakukan razia secara rutin untuk mengantisipasi barang berbahaya, seperti senjata saja, senjata api, narkoba dan lainnya,” ujar Sudarmanta.
Ditambahkan kapolres pindahan polda bali itu bahwa, pihaknya tidak ingin dengan alasan obyek pariwisata internasional lalu kondisi keamanan dan kenyamanan masyarakat setempat diabaikan. Pihak kepolisian bahkan telah menyiapkan posko pemeriksaan pengunjung disetiap pelabuhan yang ada di gili tramena itu.(shd/klu)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )