Selama Mudik dan Libur Lebaran Jumlah Lakalantas di Lotim Meningkat

Selama Mudik dan Libur Lebaran Jumlah Lakalantas di Lotim Meningkat

Mataram – Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Lombok Timur selama mudik dan libur lebaran tahun ini meningkat drastis hingga mencapai 40 persen jika dibandingkan dengan lebaran tahu lalu. Akibat Lakalantas tersebut dua orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan luka luka.
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lobok Timur, AKP Dony Wira Stiawan mengatakan, peningkatan angka lakalantas tersebut disebabkan karena terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Jika tahun lalu Lakalantas sedikit karena jumlah kendaraan yang melintas yang kurang, akibat pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan pemerintah karena covid-19. Sedangkan tahun ini tidak ada pembatasan sama sekali. Warga boleh mudik dan berwisata tanpa ada batasan.
“Di tahun 2022 ini pada saat pelaksanaan operasi ketupat terjadi peningkatan Lakalantas karena di tahun-tahun sebelumnya aktivitas masyarakat masih dalam kondisi covid di mana pembatasan dari kegiatan masyarakat itu dibatasi oleh penyekatan polisi, sedangkan untuk tahun ini diberikan kebijaksanaan masyarakat untuk melakukan silaturahmi dan pergi di masing-masing wilayah, baik itu di tempat-tempat keramaian maupun di pusat perbelanjaan ataupun juga di tempat wisata,” sebut Donni.
Sementara itu, selama Operasi Ketupat digelar, banyak pelanggaran lalu lintas yang ditemukan, terutama pelanggaran kasat mata yaitu tidak menggunakan helm dan spion, serta banyak warga berwisata menggunakan kendaraan bak terbuka.(rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )