Senggigi View Ambruk Diterjang Cuaca Buruk

Senggigi View Ambruk Diterjang Cuaca Buruk

Senggigi – Senggigi view yang baru selesai dikerjakan dan masih dalam pemeliharaan ambles kurang lebih sedalam 10 meter.Sport Senggigi view tersebut juga terlihat sudah terpasang rambu peringatan supaya para pengendara yang melintasi jalan tersebut dapat berhati-hati.

Senggigi view ini merupakan penataan dan kawasan wisata Senggigi yang memakan anggaran sebesar 2,6 miliar. Senggigi view ini,baru selesai dikerjakan beberapa bulan yang lalu,dan masih dalam masa pemeliharaan.

Amblesnya Senggigi tersebut,di sebebkan tingginya curah hujan dan gelombang tinggi yang terjadi beberapa hari yang lalu.

“Kondisi kejadian pada malam kejadian air pasang yang besar terjadi dan memang kontrol lahan disitu secara spesifik riskan dengan gempuran ombak” Ungkap kepala dinas pariwisata Saeful ahkam.

Namun yang akan mengatasi persoalan ambles itu akan ada di balai jalan. Sementara Pemda dalam hal ini Dispar serta PU dan pemerintah desa setempat akan melakukan komunikasi dengan pemilik lahan. Guna mengkomunikasikan bahwa Pemda ingin membantu mengamankan lahan tersebut dari ancaman abrasi. Karena lahan tersbeut sebagai penopang langsung kekuatan jalan raya yang merupakan hak publik.

“Kita perencanaannya sudah matang, tapi dari aspek itu (lahan milik orang) yang dialognya tidak clear. Sehingga pekerjaan oleh balai jalan, jadi seperti hari ini” beber Kadispar Lobar, H. Saepul akhkam, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (03/02/2021).

Sehingga proyek itu, disebutnya kondisinya dari segi pekerjaan utamanya tidak ada masalah. Namun, yang mengalami ambles itu merupakan talud yang dibuat oleh pemilik lahan tersebut.

Jadi yang wajib diperbaiki oleh pihak ketiga (rekanan) itu yang menjadi pekerjaannya saja” jelas dia.

Tetapi untuk anggaran perbaikan dari balai jalan sendiri, Akhkam mengaku belum mengetahui pastinya.

“Tidak ada untungnya pemilik lahan itu mempertahankan kondisi lahannya seperti itu. Karena struktur konturnya lemah dan berpasir. Jadi kita ikuti perencanannya balai jalan saja, untuk mengamankan jalan ini” paparnya.

Karena lahan milik perorangan tersebut tidak akan diganggu gugat karena yang difokuskan adalah perbaikan untuk mengamankan jalan supaya kerusakan tidak semakin parah. Supaya tidak terjadi longsoran lagi.

Dirinya menyebut, penanganan segera untuk kawasan ambles itu rencananya akan dimulai besok pagi. Dengan sistem memperkuat terlebih dahulu talud yang ada di lahan milik pribadi itu. Sembari proyek perbaikan dari balai jalan berproses.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )