SIM Gratis Untuk Yang Lahir 1 Juli
Foto:Kasat Lantas Polres Lombok Utara AKP Suyasaa SH, Memberikan SIM Gratis Ke Warga Yanng Lahir 1 Juli

SIM Gratis Untuk Yang Lahir 1 Juli

Lombok Utara- Kabar gembira untuk masyarakat yang akan mengajukan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Tepat pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang, Korps Lalu Lintas Polri akan mengeluarkan SIM Gratis yang berlaku secara nasional.

Program pembuatan SIM gratis ini dilakukan dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara ke-74 dan hari ulag tahun Lantas ke – 74, yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP, biaya pembuatan SIM A adalah Rp. 120.000, SIM C Rp. 100.000, dan SIM D adalah Rp. 50.000.

Sementara itu, dalam program SIM Gratis pada 1 Juli nanti, para pemohon pembuatan dan perpanjangan SIM akan dibebaskan dari tarif PNPB tersebut.

Satlantas Polres Lombok Utara misalnya, memberikan hadiah SIM gratis kepada masyarakat yang mengajukan permohonan dan sesuai KTP lahir pada tanggal 1 juli, “Bagi yang lahir di tanggal 1 Juli kita berikan hadiah berupa surat izin mengemudi (SIM) yakni SIM A dan C perpanjangan Khusus dengan membawa persyaratan diantaranya berlaku SIM perpanjangan A dan C bagi yang lahir tanggal 1 Juli, membawa surat keterangan sehat dan physikotes serta KTP dan SIM asli.” kata Kasat Lantas Polres Lombok Utara  Akp Suyasa, SH

Pemberian hadiah SIM dalm rangka HUT Bhayangkara yang ke 74 dan juga HUT Lantas ke 74, telah memberikan secara simbolis kepada masyarakat yang lahir pada 1 juli dan warga yang beruntung tersebut adalah kasman, laki – laki asal Dusun Pendua Lauk Desa Kayangan Lombok Utara, yang sesuai tertera dalam KTP-nya lahir di Lombok Barat 1 Juli 1979, yang mengajukan permohonan berupa SIM C.

Adapun syarat administrasi yang harus dimiliki oleh pemohon SIM Gratis ini adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki KTP elektronik
  2. Memiliki surat keterangan sehat
  3. Wajib lulus dalam tes uji teori dan praktek
  4. Khusus pemohon perpa
  5. Khusus pemohon perpanjangan SIM wajib menyertakan SIM lama.

Itulah syarat pembuatan dan perpanjangan SIM gratis pada tanggal 1 Juli mendatang!

 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )