Sinergi Pemkot Bersama DPRD Kota Mataram Cegah Covid-19
Foto: Walikota Mataram Menerima Kunjungan DPRD Kota Mataram (Diskominfo Mataram)

Sinergi Pemkot Bersama DPRD Kota Mataram Cegah Covid-19

Mataram – Didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh menerima Pimpinan Dewan beserta pimpinan fraksi DPRD Kota Mataram di Aula Pendopo Walikota Jum’at (17/4/2020). Bersama pimpinan fraksi lainnya Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi menyampaikan beberapa point penting terkait penanganan covid-19 di Kota Mataram.

Pertemuan ini merupakan upaya untuk bersinergi antara dewan dan pemkot menangani masalah covid-19 di Kota Mataram, ungkap Didi Sumardi.
Dewan mengapresiasi program-program yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kota Mataram melalui Tim Gugus Tugas dan ingin melihat sejauh mana penanganan dan pencegahan, serta melihat dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan serta ingin memastikan proses program jaring pengaman sosial tepat sasaran.

Selain itu kehadirannya bersama pimpinan fraksi ingin menyampaikan aspirasi masyarakat diantaranya terkait pelaksanaan shalat jum’at, pencegahan covid-19 berbasis lingkungan, kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga Medis di Puskesmas serta keterbatasan dokter spesialis paru di rumah sakit.

Sementara itu Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, menjelaskan penanganan pencegahan covid-19 sejauh ini yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Mataram adalah dengan mengeluarkan imbauan, surat edaran dan terus melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan untuk jaring pengaman sosial dijelaskan agar tepat sasaran Pemkot melakukan tiga persiapan percepatan, diantaranya pertama, melakukan sinkronisasi data terpadu dengan kementerian sosial dan Pemprop NTB.

Kedua, pembuatan paket bantuan dengan menggandeng pihak ketiga karena jumlahnya yang cukup besar tentu dengan memperhatikan aturan yang berlaku. Ketiga, merumuskan pola penyaluran yang cepat, tepat dan efisien sehingga penerima bantuan tepat sasaran. Estimasi waktu pemberian bantuan tahap pertama dapat terealisaai pada bulan April 2020.

“Target kita bulan April ini bantuan (pertama) sudah dapat disalurkan, “ungkap Ahyar.” (Qon-ari)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )