Status Level 2, Pemkot Mataram Tak Longgarkan Aturan PPKM

Status Level 2, Pemkot Mataram Tak Longgarkan Aturan PPKM

Mataram-Kota Mataram akhirnya berhasil menjadi salah satu wilayah yang turun status PPKM menjadi level 2.
Meski sudah berada pada PPKM status level 2, namun secara umum belum ada peraturan yang dilonggarkan.
Sejumlah aktivitas masyarakat dan tempat hiburan, masih belum diizinkan untuk beroperasi.
Walikota Mataram, H Mohan Roliskana, mengatakan, jika merujuk pada intruksi menteri dalam negeri terdapat sejumlah kelonggaran aturan yang bisa diterapkan di wilayahnya.
Aktivitas pusat perbelanjaan, bioskop, hingga aktivitas pembelajaran tatap muka yang saat berstatus level 3, hanya bisa dibuka dengan kapasitas 50 persen, kini bisa dilonggarkan menjadi 75 persen.
Namun, meski pelonggaran aturan bisa diterapkan, pihaknya justru belum berencana untuk melonggarkan aturan PPKM di Mataram. Terkait dengan aktivitas masyarakat, Pemkot akan tetap mempertahankan skema yang sama saat masih berada pada status level 2.
Untuk aktivitas pereknomian di pusat perbelanjaan, maupun aktivitas pembelajaran tatap muka, masih laksanakan dengan aturan kapasitas maksimal 50 persen.
Selain itu, pola kerja tim gugus tugas penanganan covid-19, ditingkat kelurahan juga tidak akan dilonggarkan.
Bahkan, khusus untuk tempat hiburan, sampai saat ini, belum di izinkan untuk beroperasi.
Mohan menjelaskan, belum dilonggarkannya aturan soal PPKM, karena pihaknya tidak ingin pelonggaran yang diberikan, justru menjadi bumerang yang memicu terjadinya peningkatan kasus covid-19. Selain itu, sampai saat ini pihaknya masih fokus untuk menjadikan semua lingkungan di Mataram, berada pada status zona hijau. Dari 325 jumlah lingkungan di Kota Mataram, masih terdapat sekitar 11,69 % masih berstatus zona kuning covid-19.
Menurut Mohan, meski secara aturan, belum ada aturan yang dilonggarkan, namun imbas dari penurunan status level PPKM dari level 3 ke level 2 ini dampaknya sudah mulai dirasakan. Selain, aktivitas perekonomian mulai mengggeliat, tingkat okuvansi hotel di Mataram juga sudah mulai mengalami peningkatan. Dari data Dinas Pariwisata Kota Mataram, tingkat hunian hotel di Mataram saat ini mencapai 60 % lebih.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )