Terapi Entertain, Trik RSUD Mataram Percepat Penyembuhan  Pasien Covid-19
RSUD Mataram memiliki cara humanis (terapi entertain) dalam menangai pasien Covid-19.pasien dibuat rileks dengan bertamasya diarea wisma ( dok.RSUD Mataram)

Terapi Entertain, Trik RSUD Mataram Percepat Penyembuhan Pasien Covid-19

Mataram- Sebuah inovasi pelayanan diluncurkan  RSUD Kota Mataram dalam menangani pasien yang positif terjangkit Covid-19. Selain melakukan terapi medis  RSUD Kota Mataram juga memberikan terapi entertain bagi para pasien positif covid-19 yang saat ini masih menjalani isolasi secara terpusat. Terapi ini dinilai bisa meningkatan imunitas dan mempercepat proses penyembuhan pasien.

“ jadi kami mulai memisahkan pasien positif kategori berat dengan pasien dengan kondisi kesehatan stabil, pasien dengan kondisi stabil perawatannya dipusatkan di Wisma Nusantara dan penanganannya mengedepankan upaya meningkatkan imunitas” Kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Mataram dr Emirald Isfihan, Jum’at 5 Juni 2020.

Emirald menjelaskan, untuk menunjang pola penanganan pasien Covid-19 dengan terapi entertain itu, pihaknya telah melengkapi Wisma Nusantara dengan sejumlah fasilitas penunjang, fasilitas olah raga, perpustakaan ,dan fasilitas rekreasi mini hingga play ground atau taman bermain untuk anak-anak yang terkonfirmasi positif.

Dengan adanya fasilitas tersebut , pasien tidak hanya mendapatkan terapi medis, pemberian obat-obatan dan vitamin, juga disibukkan dengan kegiatan menyenangkan. Setiap pagi hari, pasien rutin melakukan kegiatan senam bersama, lomba penerapan pola hidup bersih dan sehat, hingga live music.

Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pasien corona , serta layanan psikososial, yang tujuannya , agar saat mereka sudah dinyatakan sembuh, mereka pun sudah siap untuk kembali hidup secara normal di tengah masyarakat.

“ boleh dilihat di Wisma Nusantara, Pasien yang menjalani karantina terpusat mereka kita sibukkan dengan kegiatan happy-happy, pasien bisa membaca buku dengan konsep rekreasi di bawah pohon, dan balita serta anak-anak positif covid juga bisa tetap bermain di play ground yang sudah kita siapkan, “ kata Emirald.

Dikatakannya, penanganan pasien melalui terapi entertain didengan mengedepankan peningkatan imun dengan metode menciptakan rasa bahagia serta mengurangi stressor ini sejauh ini berbuah manis. Proses penyembuhan pasien menjadi lebih cepat, karena untuk sembuh, pasien positif covid-19 tidak hanya memperlukan penanganan secara medis namun juga secara psikis.

“ sebelumnya kita dikagetkan dengan angka kasus positif baru yang melonjak, sementara pasien sembuh sedikit, namun, baru beberapa hari terapi enternain ini diterapkan langsung ada dua pasien yang sembuh, dan kemarin membeludak 14 pasien hasil swab keduanya negatif,’’ Ungkapnya.

Emirald Isfihan pun berharap, pola penanganan baru pasien Covid-19 melalui terapi entertain ini bisa di terapkan dirumah sakit lainnya yang juga menjadi rumah sakit rujukan penanganan Pasien Covid-19, sehingga kita bisa bersama-sama bisa mempercepat proses penyembuhan dengan cara menciptakan aura kebahagian pada diri pasien.

“ saya kira terapi entertain yang mereka terapkan ini bisa di adopsi, diadaptasikan dirumah sakit lainnya, supaya sama-sama kita ini memberikan terapi yang menimbulkan rasa bahagia ,supaya imunitas pasien meningkat dan kesembuhan juga meningkat,” Pungkasnya.(irh/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )