Terisolir, Warga Lingkar Sirkuit Mandalika Mengadu ke Gubernur
Foto : Pagar pembatas Sirkuit Mandalika (riska/lomboktvnew.com)

Terisolir, Warga Lingkar Sirkuit Mandalika Mengadu ke Gubernur

Mataram-Khawatir terisolir dampak pembangunan sirkuit Mandalika, sejumlah perwakilan warga Lingkar Sirkuit Mandalika mengadu kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka meminta solusi dari Pemerintah Provinsi NTB terkait permasalahan yang mereka hadapi.
Bertempat di ruang kerja Gubernur NTB, perwakilan warga desa Lingkar Sirkuit Mandalika, yang tergabung dalam Solidaritas Warga Intern Mandalika (SWIM), bersama dengan perwakilan warga Dusun Ujung Lauk dan Dusun Ebunut, Desa Kuta Kecamatan Pujut, Lombok Tengah mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi NTB.
Pertemuan yang dihadiri Gubernur dan Sekda NTB tersebut, dimaksudkan untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang terancam terisolir, lantaran tidak adanya akses jalan bagi masyarakat. Warga pun sempat merusak pagar pembatas sirkuit yang digunakan sebagai akses keluar masuk bagi 84 KK di dua Dusun tersebut.
Salah seorang perwakilan warga, Damar mengatakan, hasil dari pertemuan tersebut, pihak pemerintah berjanji akan memprioritaskan pembangunan akses jalan bagi warga yang terisolir. Proses tersebut akan dilakukan oleh pemerintah sambil berkomunikasi dengan masyarakat di seputar lingkar sirkuit, untuk menemukan solusi yang tepat bagi masyarakat.
“Setelah kita bertemu dengan pak Gubernur, kita dijanjikan untuk warga yang ada di dalam itu akan diprioritaskan akses jalan. Pemerintah juga akan berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait untuk adanya kemungkinan tukar guling ataupun pembayaran bagi para pemilik lahan” terangnya.
Disebut Damar, masyarakat pada dasarnya mendukung penuh event Moto GP yang akan berlangsung pada tahun 2022 mendatang.
Namun, dengan sulitnya akses jalan bagi masyarakat di seputar sirkuit berimbas pada sulitnya perekonomian warga, meskipun disebut Damar pihak ITDC menyediakan akses jalan berupa lorong yang kerap terendam banjir.
Sementara, ditemui di tempat yang sama perwakilan warga, Sibawaeh merasa jika warga di seputar Lingkar Sirkuit tidak diperhatikan oleh pihak ITDC selaku pemilik sirkuit, karena tidak menyediakan akses jalan bagi warga.
Sementara itu, sekda NTB, Lalu Gita Ariadi saat dikonfirmasi terkait permasalahan warga di Lingkar Sirkuit berusaha menghindar dari kejaran wartawan.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )