Terkait Pengemplang Pajak Restoran, BKD Libatkan Inspektorat dan Kejaksaan

Terkait Pengemplang Pajak Restoran, BKD Libatkan Inspektorat dan Kejaksaan

Mataram – Upaya penegakan peraturan daerah atas pajak, khususnya pajak restoran, terus dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah Kota Mataram.
Hingga saat ini, Badan Keuangan Daerah Kota Mataram juga terus melakukan pendalaman dan pengawasan terhadap sejumlah restoran di Mataram yang diduga melakukan manipulasi pajak, dengan tidak menyetorkan pajak yang dipungut dari masyarakat sesuai potensi pajak yang sebenarnya.
Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, H M Syakirin Hukmi menyampaikan hingga saat ini, pihaknya terus melakukan upaya kooperatif dalam membina dan mengajak sejumlah pengusaha restoran patuh dalam memenuhi kewajibannya menyetorkan pajak ke kas daerah sesuai pajak yang dipungut.
Namun, jika upaya kooperatif itu tetap tak diindahkan, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas . Ada dua kemungkinan tindakan yang bisa diberikan, yakni menyerahkan surat kuasa ke kejaksaan untuk melakukan penagihan atau membekukan izin usaha restoran tak taat pajak tersebut.
“Kalau kita sudah ingatkan tapi tidak mau, kami akan ada upaya-upaya berikutnya,” ancam Syakirin.
Sebelumnya, kejujuran sejumlah restoran di Mataram dalam menyetorkan pajak yang mereka pungut kepemerintah diragukan, karena nominal pajak yang disetorkan ke kas daerah tidak sesuai omzet tempat usahanya.
Dari hasil pengawasan yang dilakukan Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, pajak 10 persen yang dipungut dari konsumen tidak semuanya disetorkan oleh pengusaha restoran.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )