Terkendala Usia, Ratusan Calon Jamaah Haji Lotim Tak Bisa Berangkat

Terkendala Usia, Ratusan Calon Jamaah Haji Lotim Tak Bisa Berangkat

Lotim – Ratusan Calon Jamaah Haji asal Lombok Timur yang telah memenuhi syarat antrean pemberangkatan pada musim haji tahun ini tidak bisa diberangkatkan karena terkendala aturan pembatasan usia yang ditetapkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Aturan tersebut menetapkan Calon Jamaah Haji yang boleh berangkat harus dibawah usia 65 tahun.
Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur, Haji Sirojudin mengatakan, kuota Calon Jamaah Haji Lombok Timur yang akan berangkat tahun ini sebanyak 311 orang.
Jumlah tersebut, diambil dari calon jamaah haji yang keberangkatannya ditunda tahun 2020 lalu yang berjumlah sebanyak 808 orang, setelah dilakukan verfikasi berdasarkan aturan pembatasan usia dibawah 65 tahun serta tanggal pendaftaran. Akibat aturan pembatasan usia tersebut, total 176 orang calon jamaah haji asal Lombok Timur terpaksa tidak dapat berangkatkan tahun ini.
Dijelaskan Sirojudin, jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini rata rata yang mendaftar haji pada tahun 2011 dan awal tahun 2012.
“Untuk jemaah haji kita yang tertunda tahun 2020 itu jumlahnya 808 orang, setelah coba disisir berapa yang tidak memenuhi syarat usia diatas 65 tahun itu ditemukan sekitar 176 orang itu yang yang tidak memenuhi syarat. Dari 176 itu kita segera dilakukan sortir sesuai dengan kuota kita tahun 2024, maka kita kebagian 311 orang,” sebut Sirojudin.
Sirojudin menambahkan, jumlah kouta haji yang didapatkan oleh Kabupaten Lombok Timur tahun ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kuota jamaah haji Kota Mataram, padahal dari sisi jumlah jamaah haji yang ditunda keberangkatannya tahun 2020 lalu, jumlah jamaah haji Lotim jauh lebih banyak. Hal tersebut sangat disayangkan karena menyebabkan semakin lamnya daftar tunggu haji.(rhl/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )