Tolak Pengalihan Daya, Warga Datangi PLN Lombok Timur

Tolak Pengalihan Daya, Warga Datangi PLN Lombok Timur

Lotim – Puluhan warga Lombok Timur mendatangi kantor ULP PLN Rayon Selong, mereka memprotes kebijakan PLN terkait pengalihan daya Subsidi 450 Watt ke 900 atau 1300 Watt.
Dengan membawa surat pemberitahuan pengalihan daya, puluhan warga Lombok Timur memprotes kebijakan PLN terkait pengalihan daya subsidi 450 watt ke non subsidi 900 atau 1.y300 watt yang dilakukan secara mendadak. Warga keberatan karena secara mendadak menerima surat pemberitahuan harus mengalihkan daya meter listrik. Terlebih jika mengalihkan ke daya 900 watt non subsidi harus membayar sebesar Rp. 450.000.
Warga mengaku, jika daya dialihkan ke non subsidi maka secara otomatis tagihan listrik menjadi lebih mahal. Hal ini menyebabkan beban biaya hidup mereka semakin berat.
Seperti yang dialami Salbiah warga tanjung Luar kecamatan keruak, ibu yang bekerja sebagai nelayan ini keberatan dengan kebijakan PLN, ditengah kesulitan hidup akibat harga kebutuhan pokok yang serba naik yang menyebabkan beban hidup keluarganya semakin berat. Terlebih hasil kerja sebagai nelayan masih tidak menentu, serta harus membiayai biaya sekolah anaknya.
Lanjut Salbiah, tagihan listrik yang katanya subsidi yang di pakai saat ini, baginya tagihan listrik setiap bulannya sudah mahal yaitu rata rata Rp.145.000-150.000. Apalagi daya listrik harus dinaikkan menjadi non subsidi.
Untuk itu ia berharap, pemerintah membatalkan kebijakan PLN ini, karena baginya kebijakan ini sangat memberatkannya.
“Anak kita sekolah ada empat, kalau kemarin kita bayar 75 ribu, sekarang harus bayar 150 ribu,” keluhnya.
Sementara itu, menanggapi protes, warga manajer ULP PLN rayon selong Paulus Saritosa menyatakan pihaknya hanya menjalankan kebijakan pemerintah pusat, yaitu pengalihan daya subsidi ke non subsidi. Warga yang menerima surat pemberitahuan pengalihan daya dianggap mampu, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sehingga harus melakukan pengalihan daya ke non subsidi.
“Untuk pelanggan 450 VA yang pemakaiannya diatas maksimal dan tidak termasuk tidak mampu dialihkan dayanya ke 1300,” terang Paulus. (rhl/ltm)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )