Uji Coba Absensi Online Guru, MKKS Gelar Rapat Koordinasi Dengan Operator Sisensi

Uji Coba Absensi Online Guru, MKKS Gelar Rapat Koordinasi Dengan Operator Sisensi

Lombok Tengah – Forum kepala sekolah SMA yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Lombok Tengah menggelar rapat koordinasi bersama kepala sekolah dan operator sisensi.
Rapat koordinasi yang berlangsung di SMAN 1 Batu Keliang Utara tersebut membahas sejumlah isu penting pendidikan seperti soal rapot pendidikan dan kebijakan penerapan absensi online guru ASN yang tengah diuji coba oleh pemerintah.
Rapat koordinasi musyawarah kerja kepala sekolah ini merupakan rapat rutin forum kepala sekolah SMA yang tergabung dalam MKKS Lombok Tengah.
Selain diikuti oleh para kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS Lombok Tengah, rapat koordinasi ini juga diikuti oleh operator sbsensi selaku operator absensi online.
Rapat koordinasi yang berlangsung di SMAN 1 Batu Keliang Utara ini membahas sejumlah isu pendidikan seperti rapot pendidikan dan penerapan absensi online bagi guru ASN yang tengah diuji coba oleh pemerintah.
Sekretaris MKKS Lombok Tengah, Wildan mengatakan rapot pendidikan penting diketahui oleh setiap sekolah karena menjadi basis untuk melakukan perencanaan penganggaran di masing-masing satuan Pendidikan.
Kemudian isu kedua yakni terkait kebijakan terbaru pemerintah yang diatur melalui pergub nomor 87 perubahan atas pergub nomor 79 tahun 2022 tentang disiplin pegawai negeri dalam hal ini penerapan absensi online bagi guru ASN.
Dimana nantinya para guru diwajibkan melakukan absensi online melalui aplikasi yang dikelola langsung oleh operator sisensi dan tersambung dengan pemerintah. Sehingga kehadiran guru selama jam kerja tetap bisa terpantau. Absensi online hanya bisa dilakukan selama interval waktu 06.30 sampai 07.30 dan jarak koordinat 100 meter dari sekolah.
Wildan menjelaskan kebijakan yang tengah diuji coba selama tiga bulan tersebut diharapkan bisa meningkatkan disiplin guru selama jam kerja, baik ada maupun tidak adanya jam mengajar.
“Absensi online yang sedang di laksanakan tidak bisa kita tidak masuk. Ada atau tidak ada jam mengajarnya harus masuk di situ ada perencanaan penilaian dan lain sebagainya,” ujar Wildan.
Sementara itu, penerapan absensi online ini mendapat sambutan positif dari pihak guru dan sekolah.
Kepala sekolah SMAN 1 Batu Keliang Utara, Lalu Mahsun mengatakan, absensi online akan bisa meningkatkan kedisiplinan guru. Guru yang selama ini malas dan jarang masuk sekolah, maka dengan adanya absensi online secara sadar dan bertanggung jawab akan tetap ada selama jam kerja untuk menjalankan tugas dan kewajiban di sekolah.
“Saya sebagai guru menyambut baik absensi online ini, karena secara otomatis akan meningkatkan kedisiplinan para guru,” harap Lalu Mahsun.(ddi/ltg)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )