Verfak Parpol 2024, Banyak Warga Dicatut Dalam Keanggotaan Parpol

Verfak Parpol 2024, Banyak Warga Dicatut Dalam Keanggotaan Parpol

Mataram – Verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 yang dilakukan komisi pemilihan umum provinsi NTB hingga saat ini sudah hampir seratus persen.
Namun dari 18.000 sampel yang telah didatangi tim verifikator KPU, terdapat sekitar 5.000 orang di setiap kabupaten/kota yang belum bisa ditemui.
Anggota komisioner KPU NTB, Agus Hilman mengungkapkan ada banyak temuan di lapangan selama verfak dilakukan, diantaranya warga yang namanya dicatut oleh parpol sebagai anggota. Selain itu, calon peserta pemilu 2024 di NTB juga banyak salah memasukkan nomor induk kependudukan NIK peserta parpol.
Pihak KPU sendiri akan memberikan kesempatan bagi warga yang masuk namanya di Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol untuk mengajukan keberatan dengan cara mengisi formulir keberatan.
“Ada banyak yang kita temukan merasa tidak menjadi pengurus dan dimasukan nama dan lainnya. Kita juga meminta mereka untuk mengisi formulir keberatan,” saran Agus
Agus Hilman juga belum bisa memastikan berapa persentase Verfak Parpol yang tidak valid. Karena, terjadinya kesalahan dalam input NIK dan kesalahan nama.
Sementara itu, verifikasi faktual dilakuan kepada partai politik calon peserta pemilu 2024 yang tidak lolos parlemtary threshold pada pemilu 2019. Sedangkan parpol yang lolos parlementary threshold hanya dilakukan verifikasi administrasi.
Verfak dilakukan untuk memastikan Kepengurusan, keanggotaan, KTA dan kantor Parpol calon peserta pemilu 2024. Secara umum ditegaskan Hilman, verfak di NTB berjalan lancar, meski terdapat kendala seperti medan yang sulit dan jarak tempuh yang jauh.(ddi/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )