Verifikasi Faktual Parpol Terkendala Medan

Verifikasi Faktual Parpol Terkendala Medan

Lombok Tengah – Komisi Pemilihan Umum provinsi NTB melakukan monitoring verifikasi faktual keanggotaan sembilan partai politik peserta pemilu 2024 di Wilayah Kabupaten Lombok Tengah.
Verifikasi faktual keanggotaan sembilan partai politik peserta pemilu 2024 dilakukan secara door to door di Desa Bonjeruk pada Jum’at siang kemarin.
Tim Verifikasi Faktual dari KPU Kabupaten Lombok Tengah mendatangi langsung warga yang masuk data KPU sebagai anggota partai politik yang tersebar di beberapa Dusun.
Dalam verfak banyak ditemukan fakta menarik, diantaranya banyak warga yang dicatut namanya sebagai anggota partai politik tertentu tanpa sepengetahuannya. Sehingga beberapa diantaranya mengaku keberatan dan menandatangi surat pernyataan bahwa mereka bukan anggota partai politik.
Verifikasi faktual dengan sistem ramdom sampling diakui terkendala medan dan jarak yang jauh. Selain itu, warga yang akan diverifikasi sebagian juga sedang tidak berada di tempat. Meski demikian, secara umum verifikasi faktual berjalan lancar.
Komisioner KPU NTB, Agus Hilman saat melakukan monitoring mengatakan secara umum verifikasi faktual di Lombok Tengah berjalan lancar, meski ada kendala medan dan jarak yang jauh. Bahkan dibeberapa tempat, tim verfak kesulitan mencari alamat warga yang akan di verifikasi.
Meski demikian, diakui Hilman dari total sample 2.619 yang akan diverifikasi di Lombok Tengah relatif sudah akan selesai berkat kerja keras semua tim.
“Kendala terberat kita adalah medan yang cukup jauh ada di selatan itu sampai naik ke gunung untuk mencari alamatnya,” ujar Agus.
Verifikasi faktual keanggotaan partai politik peserta pemilu 2024 di NTB akan dilakukan hingga tanggal 4 November 2024.
KPU NTB yakin verfak akan rampung sesuai dengan target. Meski di beberapa daerah terutama di Pulau Sumbawa juga banyak akan terkendala medan sulit dan jarak yang jauh karena wilayahnya luas.(ddi/ltg)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )