Vidcon Dirjen P3P Kemenkes RI, Tingkatkan Respon Rumah sakit dan Puskesmas Cegah Covid-19

Vidcon Dirjen P3P Kemenkes RI, Tingkatkan Respon Rumah sakit dan Puskesmas Cegah Covid-19

Kota Mataram-Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. H. Usman Hadi mengikuti video teleconference (vidcon) bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalaian Penyakit Kemenkes sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan Virus Corona Achmad Yurianto, Kamis (09/04/2020), melalui Pendopo Walikota Mataram. Vidcon sendiri diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit se Indoensia.

Pembahasan vidcon berfokus pada Manajemen rumah sakit dan dinkes merespon pandemi Covid-19.

Point yang disampaikan: Pihak rumah sakit maupun Puskesmas wajib menerima pasien dengan segala keluhan, Pemerintah dan pihak rumah sakit maupun puskesmas mematangkan antisipasi pasien Covid-19 untuk beberapa bulan kedepan.

Semua pihak untu untuk merubah stigma masyarakat atas petugas medis, maupun pasien yang sedang menjalani isolasi Covid-19. Dengan menekankan merubah pola pikir masyarakat agar tidak memarginalkan kelompok tersebut, melainkan harus didukung dalam menjalani treatment kesehatan dan petugas medis menunaikan kewajiban mereka.

Adapun beberapa hal yang perlu dikembangkan beberapa bulan kedepan menurut salah satu narasumber pada vidcon tersebut, Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, DrPH, yakni: Memutuskan rantai infeksi, Physical distancing, dan melindungi tenaga kesehatan.

Dengan menerapkan hal tersebut, pemerintah berharap segala antisipasi penanganan Covid-19 bisa berjalan dengan baik. (irhm/mtr)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )