Wagub Minta Kebersihan Pantai Mapak Indah Dijaga

Wagub Minta Kebersihan Pantai Mapak Indah Dijaga

Mataram – Meski sebelumnya dihantam banjir rob, namun kegiatan melepas liarkan tukik atau anak penyu yang di hadiri oleh wakil gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah tetap berlangsung di Pantai Mapak Indah Mataram, sebagai salah satu lokasi penangkaran penyu.
Ketua yayasan Pokwasmas Pantai Mapak Indah, Maha Irawan menyampaikan, bahwa di penangkaran tersebut, ada dua jenis penyu yang mendominasi, yakni penyu jenis sisik dan lekang.
Ia pun menyebut bahwa ada sebanyak 5000 lebih telur yang akan di tetaskan, tetapi sejauh ini, baru ada 1500 penyu usia 1 minggu hingga 2 bulan telah menetas di Penangkaran.
Disebutkannya, bahwa terkait permasalahan sampah, yang banyak di area penangkaran, hingga menyebabkan penyu keracunan sebab salah mengira sampah plastik sebagai makanan, disebutnya harus mendapat dukungan kuat dari pemerintah sebab daerahnya sebagai muara hanya mendapatkan kiriman dari hilir.
Oleh sebab itu, ia menyampaikan bahwa tugas pokwasmas di muara hanya melestarikan dan menjaga penangkaran.
“Bawa Pantai Mapak Indah ini diapit dua muara jadi yang punya konsisten terhadap muara bukan kelompok, tapi ini harus mendapat dukungan dari pemerintah. Makanya perlu kita pertanyakan sudah diolah kah sampah-sampah plastik yang dari muara menuju hilir,” ujar Irawan.
Wagub NTB, Siti Rohmi Djalilah memberikan apresiasi kepada pihak pengelola penangkaran penyu atas dedikasinya dalam mengelola dan mengembangkan wilayah pantai Mapak sebagai lokasi edukasi, namun ia berpesan agar pengelola wisata tetap menjaga kebersihan di seputar penangkaran.(ris/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )