Walikota Minta Dishub Maksimalkan Kinerja

Walikota Minta Dishub Maksimalkan Kinerja

Mataram – Kinerja Dinas Perhubungan Kota Mataram, dalam melakukan optimalisasi pendapatan yang bersumber dari retribusi parkir terus mendapat sorotan.
Setelah sebelumnya, sorotan atas lemahnya kinerja dinas perhubungan datang dari Sekda Kota Mataram, kali ini sorotan datang dari Walikota Mataram, H Mohan Roliskana.
Walikota menyampaikan, dari target 18,5 miliar tahun ini, capaian retribusi parkir baru mencapai 1,7 miliar atau sekitar 9 %. Realisasi ini, menurut Mohan sangat jauh dari harapan.
Dikatakannya, ukuran kinerja dinas perhubungan tidak saja dinilai dari kemampuan pengelolaan manajeman traffic dan lalu lintas, namun juga kemampuan dalam mengoptimalkan penerimaan pendapatan retribusi parkir.
Menurut Mohan, banyak potensi parkir di Kota Mataram belum digarap secara maksimal dan masih dikelola oleh pihak diluar pemerintah. Karena itu, Dinas Perhubungan harus melakukan pendekatan maksimal terhadap sektor yang memiliki kontribusi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.
Dinas Perhubungan, tidak hanya sebatas bekerja secara teori, namun harus mampu mengambil langkah yang konkret dan efektif untuk menggenjot penerimaan daerah.
Mohan juga dengan tegas meminta Dinas Perhubungan, tidak hanya terpaku pada anggaran.
“Kita minta mereka bisa bekerja lebih keras lagi, ukurannya bukan hanya pengelolaan traffic management tapi juga terkait dengan retribusi parkir agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah,” tandas Mohan.
Selain menyoroti capaian kinerja Dinas Perhubungan , orang nomor satu di Kota Mataram ini juga secara umum menyoroti capaian realisasi pendapatan asli daerah.
Mohan menyatakan, semua organisasi perangkat daerah teknis lainnya, juga harus berusaha memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah sesuai tugas pokok masing-masin. Mohan tak menampik, sejauh ini terjadi pelambatan yang cukup signifikan terhadap penyerapan retribusi maupun pajak daerah sebagai imbas dari kondisi pandemi covid-19. Untuk itu, semua organisasi perangkat daerah yang mengelola pendapatan asli daerah diharapkan melakukan terobosan yang kreatif.(irh/mtr)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )